Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Events
icon featured
Events
Banyuwangi Culture Everyweek

Bangkitkan Kunjungan Wisatawan, Hadirkan Tari Tekhlek Klompen

24 November 2021, 13: 35: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Bangkitkan Kunjungan Wisatawan, Hadirkan Tari Tekhlek Klompen

MUNGIL: Duta seni pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) menampilkan tari nyiru. (Dedy Jumhardiyanto/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

SONGGON – Pergelaran Banyuwangi Culture Everyweek (BCE) edisi Kecamatan Songgon, Banyuwangi, berlangsung meriah, Sabtu (20/11). Berbagai atraksi seni tari yang disuguhkan duta seni pelajar tersebut sukses memukau penonton.

Kegiatan yang mengusung Colorful Hybrid Concept ini digelar di SMPN 1 Songgon. Yang paling memukau yakni suguhan tari tekhlek klompen yang dibawakan oleh gabungan SD negeri di Kecamatan Songgon. ”Semoga penampilan seni tari ini bisa kembali membangkitkan kunjungan wisatawan di Kecamatan Songgon,” ungkap Camat Songgon Kunta Prastawa saat membuka acara.

Menurut Kunta, Kecamatan Songgon merupakan miniatur Kabupaten Banyuwangi yang terkenal dengan seni dan budaya yang tidak kalah dengan daerah lain di wilayah Bumi Blambangan. ”Terima kasih pada para seniman dan sekolah penyelenggara pendidikan yang mendukung kegiatan ini secara total, harapannya seluruh Indonesia dan dunia menyaksikan BCE ini,” jelasnya.

Baca juga: Kafilah FASI Banyuwangi Target Juara Umum

Kecamatan Songgon tidak hanya terkenal dengan gudang seni budaya, melainkan juga terkenal dengan destinasi wisata. ”Semoga jika Banyuwangi sudah Level 1, melalui tayangan BCE ini wisatawan akan hadir berbondong-bondong berkunjung dan berwisata di Songgon. Tidak hanya menikmati destinasi wisata, tetapi bisa menyaksikan kesenian yang ada di Kecamatan Songgon,” terang Kunta.

Dalam kesempatan itu, dia juga berpesan agar masyarakat Songgon mengajak saudara, keluarga, kerabat, dan handai tolan yang belum divaksin agar mendatangi sentra pusat vaksinasi Covid-19. ”Terima kasih Kecamatan Songgon secara umum vaksin telah mencapai 70 persen, dan untuk Kecamatan Songgon capaian tertinggi vaksin lansia yang mencapai 74 persen,” tandasnya.

Sejumlah duta seni pelajar benar-benar tampil atraktif dan memukau dengan diawali tari jejer gandrung gurit mangir yang diperagakan duta seni SMPN 1 Songgon. Disusul tari hadrah kuntulan SDN 1 Parangharjo dan tari gandrung dor yang disajikan duta seni SDN 1 Songgon.

Duta seni pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) juga tak mau kalah dengan menampilkan tari nyiru dan duta Madrasah Aliyan (MA) Al Fatah menampilkan atraksi seni tari Rodad Syi’iran. Pergelaran BCE edisi Kecamatan Songgon dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat, yakni mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan tidak bersentuhan fisik. 

(bw/ddy/ics/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia