Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Travelling
icon featured
Travelling

Blue Flame Ijen Satu-satunya di Dunia

25 November 2021, 15: 35: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Blue Flame Ijen Satu-satunya di Dunia

BLUE FIRE: Daya tarik Ijen terletak pada api biru yang menyala di dekat kawah. (Andik for RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI – Ini kabar terbaru tentang kawah Gunung Ijen. Selama ini banyak pihak meyakini bahwa fenomena api biru (blue flame) yang dijumpai di Ijen, juga bisa ditemukan di Islandia. Namun, pada perkembangan terbaru, fenomena blue flame tersebut dipercaya hanya ada di Gunung Ijen dan menjadi satu-satunya di dunia.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Ainur Rofiq, Selasa  (23/11). Dia mengaku sudah berdiskusi dengan Prof Kim Berlo dan Dr Vincent van Hinsberg yang sudah beberapa kali datang ke Kawah Ijen untuk melakukan penelitian. ”Beliau mengatakan bahwa Kawah Ijen merupakan tempat terbaik untuk melakukan penelitian tentang gunung api karena beberapa fenomena yang cukup jarang ditemukan di dunia terjadi di Kawah Ijen,” ujarnya.

Fenomena yang dimaksud Rofiq meliputi kawah asam yang merupakan kawah asam terbesar di dunia dan fenomena blue flame yang diklaim merupakan satu-satunya di dunia yang berada di kawah gunung api aktif karena dipengaruhi oleh sulfur yang ada.

Baca juga: Tren Penumpang Meningkat, Maskapai Belum Berminat

Blue Flame Ijen Satu-satunya di Dunia

GUNUNG API AKTIF: Kawah Ijen merupakan tempat terbaik untuk melakukan penelitian tentang gunung api karena fenomena yang jarang ditemukan di dunia terjadi di Kawah Ijen. (Andik for RadarBanyuwangi.id)

Setelah dikonfirmasi kepada Prof Kim yang sudah melakukan riset dalam waktu lama di Islandia, imbuh Rofiq, ternyata tidak pernah ditemukan blue flame. ”Karena secara struktur geologi berbeda dengan yang ada di kawasan Ijen. Sehingga bisa disimpulkan bahwa blue flame Ijen merupakan satu-satunya blue flame yang ada di kawah gunung api aktif yang ada di dunia. Mungkin mulai sekarang bisa disosialisasikan dan diluruskan bahwa Ijen kita ini memiliki satu-satunya blue flame yang ada di kawah gunung api aktif di dunia,” pungkasnya. 

(bw/sgt/aif/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia