Sabtu, 23 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Travelling
icon featured
Travelling

Pengunjung Belum Vaksin Langsung Disuntik

13 Oktober 2021, 09: 15: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

Pengunjung Belum Vaksin Langsung Disuntik

SEHAT: Pengunjung mendapatkan vaksinasi di pintu masuk Resot Rowobendo, TNAP, Desa Kalipahit, Kecamatan Tegaldlimo pada Minggu (3/10) (Salis Ali/RaBa)

Share this      

SEMENTARA itu, vaksinasi menjadi persyaratan mutlak bagi pengunjung yang akan masuk di wisata Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), wilayah Desa Kalipahit, Kecamatan Tegaldlimo. Di tempat itu, juga membuka layanan vaksinasi.

Setiap hari libur atau Minggu, pengunjung yang belum pernah vaksinasi dan ingin masuk ke TNAP, diminta untuk ikut vaksinasi di Pos Resot Rowobendo. “Untuk vaksinasi ini, kita kerjasama dengan Puskesmas Kedungwungu,” cetus Kasi Pengelolaan TN Alas Purwo, Probo Wresniaji, 50.

Selama ini, terang dia, pengunjung yang belum vaksinasi masih ada. Layanan vaksinasi yang disediakan ini, untuk membantu warga. “Untuk vaksinasi hanya melayani dosis pertama saja,” ungkapnya seraya menyebut layanan vaksinasi ini dimulai sejak Minggu (3/10).

Baca juga: Tren Kunjungan Wisataan ke Banyuwangi Terus Naik

Layanan vaksinasi di TNAP ini, jelas dia, tidak setiap hari. Tapi, hanya pada hari libur atau Minggu saja. Pada hari libur, pengunjung yang masuk jumlahnya relative banyak. “Kalau hari biasa, pengunjung yang belum vaksinasi tidak boleh masuk,” cetusnya.

Kepala Puskesmas Kedungwungu, Heru Prasetyo, 50, mengungkap vaksinasi di pintu masuk Resot Rowobendo, TNAP, itu sekaligus mendukung percepatan vaksinasi di Banyuwangi. “Kita ingin semua warga bisa cepat vaksinasi,” katanya.

Vaksinasi di TNAP itu, terang dia, dilakukan setelah banyak wisatawan yang harus pulang karena belum mendapatkan vaksin. Tenaga kesehatan (nakes) turun untuk memberikan vaksinasi kepada para pengunjung itu. “Pengunjung datang dari daerah yang jauh, kasihan kalau harus putar balik,” lanjutnya.

Selama dua kali menggelar vaksinasi untuk para wisatawan di depan pintu gerbang Resot Rowobendo, TNAP, ada 40 pengunjung yang divaksin. Untuk kegiatan ini, disediakan lima nakes dari Puskesmas Kedungwungu, Kecamatan Tegaldlimo. “Dari 40 pengunjung yang divaksinasi itu, pada Minggu 3 Oktober  ada 12 orang, dan Minggu 10 Oktober ada 28 orang,” pungkasnya.

(bw/*/rbs/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia