Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Sports
icon featured
Sports

Pengprov PRSI Gelar Even Kejurda OWS di Situbondo

23 November 2021, 17: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Pengprov PRSI Gelar Even Kejurda OWS di Situbondo

BEREBUT JUARA: Para Atlet OWS berlaga di arena Kejurda Pantai Pasir Putih, Minggu kemarin (21/11). (As’ad Zuhaidi/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

SITUBONDO – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Timur, menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) renang perairan terbuka , Open Water Swimming (OWS) di Pasir Putih Water Sport, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Minggu kemarin (21/11). Kegiatan tersebut dalam rangka proses pembibitan Atlet untuk mempersiapkan PON 2025 yang akan digelar di Sumatra Utara.

Ketua Pengprov PRSI Jatim, Reswanda mengatakan, Kejurda OWS ini merupakan pertama kalinya digelar di Jatim, bahkan untuk di seluruh Indonesia. Puluhan atlet tersebut berasal dari kabupaten atau kota di Jatim, di antaranya Nganjuk, Surabaya, Ponorogo, Sidoarjo, Bangkalan, Gersik, Lumajang, dan Situbondo. Selain untuk pembibitan Atlet juga sebagai bentuk apresiasi KONI dan PRSI Jatim atas prestasi OWS Jatim di PON 20 Papua.

" OWS Jatim berhasil menjadi juara umum dengan merebut 4 medali emas dan 2 perak dari 6 nomor event yang di pertandingkan," ujarnya.

Baca juga: Pesta Gol, Persewangi Lolos 32 Besar Zona Jatim

Selain itu, Reswanda menjelaskan, untuk berenang di perairan terbuka ini lebih berisiko dibandingkan dengan berenang di kolam. Oleh sebab itu, butuh persiapan dan pengamanan yang baik, untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

" Untuk berenang di perairan terbuka ini lebih tinggi tingkat resikonya. Jadi tujuannya ini untuk regenerasi atau pembibitan atlet baru," imbuhnya.

Selain itu, Reswanda yang juga menjadi Wakil Ketua Pengurus Besar PB PRSI ini menambahkan, bahwasanya untuk even kejurda kali ini dalam rangka tahap percobaan atau persiapan Porprov Jatim ke VII yang akan digelar di Pasir Putih Water Sport. Oleh karenanya atlet sudah mempunyai pengalaman sebelum berlaga di ajang Porprov yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2022.

" OWS juga akan dipertandingkan di ajang Porprov dan tempatnya juga di sini. Dengan trail ini, para atlet sudah punya pengalaman dan panitia lebih siap, termasuk tuan rumah juga," tegasnya.

Jadi untuk antusiasme atlet sangat tinggi untuk mengikuti Kejurda OWS ini. Akan tetapi pertimbangannya adalah masih pandemi Covid 19 yang masih melanda, untuk  keselamatan para atlet, maka panitia membatasi peserta hanya ada 85 peserta.

" Meskipun Covid 19 masih ada, jadi kita harus membatasi jumlah peserta dan juga membatasi usia. Yang boleh ikut, yaitu usia harus di atas 12 tahun yang boleh ikut," ungkapnya.

Karena masih pertama kali dilaksanakan kejuaran OWS ini, even yang dipertandingkan hanya ada dua  yaitu kelas 1000 dan juga 2000 meter. Tentunya ini berbeda dengan PON XX Papua yang mempertandingkan kelas 10 ribu meter, 5 ribu meter, dan 3 ribu meter.

" Kita kan masih pemula. Jadi kita batasi 1000 dan 2000 meter dulu," pungkasnya. (mg4/pri)

(bw/*/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia