Selasa, 25 Jan 2022
Radar Banyuwangi
Home / Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Selesai Lebih Cepat, PLN Lakukan Penggantian Komponen di GI Banyuwangi

29 November 2021, 17: 29: 00 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Selesai Lebih Cepat, PLN Lakukan Penggantian Komponen di GI Banyuwangi

HANDAL: Petugas ULTG Jember melakukan pekerjaan penggantian PMT 150 kV Line Jember sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada konsumen. (toha/radarbanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI, radarbanyuwangi.id – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada konsumen serta menjaga keandalan sistem kelistrikan, PLN selalu melakukan pembenahan dan berinovasi secara terus menerus. Hal tersebut terbukti dengan terlaksananya pekerjaan penggantian salah satu komponen (PMT) 150 kV Line Jember pada Gardu Induk (GI) Banyuwangi yang dilaksanakan oleh Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Jember dengan memakan waktu 24 jam, Kamis (25/11).


Pekerjaan tersebut normalnya memerlukan waktu 2 hingga 3 hari pemadaman namun berkat jerih payah petugas demi pelayanan kepada pelanggan, penggantian PMT 150 kV bisa dilaksanakan hanya dalam kurun waktu satu hari.


“Kami baru saja menyelesaikan pekerjaan penggantian PMT yang ada di GI Banyuwangi. Pekerjaan tersebut untuk menjaga keandalan sistem. Para petugas mengerjakan lebih cepat dari biasanya. Hanya memakan waktu 1x24 jam untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Selain itu mereka sudah mempersiapkan segalanya sebelum melakukan pekerjaan sehingga saat dipadamkan, tim langsung mengganti PMT,” terang General Manager PLN UIT JBM, Suroso.

Baca juga: New PLN Mobile, Semua Makin Mudah!


Penggantian salah satu komponen yang ada pada GI dengan dilakukannya pemadaman (tidak berakibat ke pelanggan) selama satu hari ini, bukan yang pertama kali dilaksanakan oleh ULTG Jember, tetapi sudah kedua kalinya. Pekerjaan yang pertama kali dilaksanakan penggantian PMT di Line Gilimanuk 3 di GI Banyuwangi juga pada Maret lalu.


Lebih lanjut Suroso menjelaskan jika maksud dan tujuan dilakukannya penggantian PMT (circuit breaker/CB) ini dikarenakan kondisi peralatan yang telah mengalami penurunan performa yang diakibatkan anomali-anomali yang terjadi serta selaras juga dengan umur peralatan  yang sudah masuk dalam kategori peremajaan.


“Karena beberapa kondisi tersebut maka perlu penggantian segera untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan,” tukasnya.


Oleh karena itu, kegiatan penggantian PMT ini merupakan wujud tanggung jawab  dari petugas PLN khususnya ULTG Jember dalam meminimalisir terjadinya gangguan pada peralatan serta juga menjaga keandalan sistem yang ada di wilayah Jember dan sekitarnya. (*)

(bw/rio/ics/JPR)

©2022 PT. JawaPos Group Multimedia