Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

BRI Kanca Banyuwangi Support Pelayanan BPN

23 November 2021, 11: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BRI Kanca Banyuwangi Support Pelayanan BPN

SIMBOLIS: Pinca BRI Banyuwangi Sari Wahono, Wabup Sugirah, dan Kepala BPN Budiono menunjukkan mesin EDC di kantor BPN Banyuwangi. (Bagus Rio Rahman/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Banyuwangi men-support penuh perbaikan layanan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banyuwangi.

Sejak dibukanya 12 loket layanan di kantor BPN yang berada di Jalan Ijen nomor 50A, Kelurahan Singotrunan,  BRI memberikan sepuluh unit mesin Electronic Data Capture (EDC) untuk mempermudah pembayaran.

Sepuluh unit mesin EDC tersebut dipasang di sejumlah loket layanan BPN Banyuwangi, Jumat lalu (19/11). Secara simbolis mesin EDC diserahkan oleh Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Kanca Banyuwangi Sari Wahono kepada Kepala BPN Banyuwangi Budiono disaksikan langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Sugirah.

Baca juga: Komitmen Memperkuat Kerja Sama Global

Sebelum diserahkan, Sugirah melihat 12 loket layanan di BPN. Support dan kerjasama antara BRI Kanca Banyuwangi dan BPN Banyuwangi ternyata disambut baik. Sehingga sistem pelayanan di BPN berubah menjadi sistem pelayanan di perbankan.

Support yang diberikan BRI Kanca Banyuwangi bukan hanya berupa mesin EDC. BRI juga memberikan pelatihan kepada para karyawan BPN yang bertugas sebagai frontliner berupa pelatihan service excellent. Dnegan pelatihan diharapkan petugas pelayanan mengetahui standar layanan dalam sistem perbankan. ”Support ini kita berikan untuk mendukung percepatan layanan yang dilakukan oleh BPN Banyuwangi, terutama kepada para nasabah yang melakukan pengurusan tanah,” ujar Sarwo, panggilan akrab Sari Wahono.

Selama ini pihaknya melihat masih banyak nasabah BRI yang status tanahnya berupa petok C ataupun dalam proses pengurusan. Pihaknya berharap  proses pembuatan sertifikat bisa dilakukan percepatan. ”Ketika pelayanan BPN Banyuwangi cepat dalam pelayanan, secara otomatis nasabah BRI juga merasakan kenyamanan dan menumbuhkan rasa empati kepada layanan,” katanya.

Sesuai dengan kebutuhan di BPN, jelas Sarwo, penggunaan Cashless Society dan Closed Payment System di BPN tentunya sangat mempermudahkan masyarakat. Seluruh pembayaran dalam pelayanan di BPN hanya perlu menggunakan mesin EDC. ”Sepuluh mesin EDC yang kita siapkan, ke depannya  akan ditambah jika memang diperlukan. Jika menggunakan mesin EDC tidak ada peredaran uang cash beredar,” terangnya.

Mesin EDC tersebut bukan hanya bisa digunakan oleh nasabah BRI. Mesin ini juga bisa digunakan oleh nasabah bank lainnya dengan menggunakan ATM. ”Semoga dengan perubahan dalam sistem pelayanan, bisa mengubah mindset masyarakat terkait pelayanan yang ada di BPN Banyuwangi,” harap Sarwo.

Kepala BPN Banyuwangi Budiono mengaku sangat berterimakasih atas support yang diberikan oleh BRI Kanca Banyuwangi. Dengan pemasangan EDC, kata dia,   layanan BPN Banyuwangi berubah menjadi sistem perbankan. ”Dukungan ini mengubah sistem layanan yang ada di BPN Banyuwangi sehingga bisa memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Dengan perubahan sistem pelayanan tersebut, jelas Budiono, dapat mengurangi peluang-peluang mafia tanah. Support BRI Kanca Banyuwangi dengan BPN Banyuwangi ini satu-satunya di Jawa Timur (Jatim). "Adanya mesin EDC, mampu mempercepat pelayanan. Kami yakin tidak ada peredaran uang cash sehingga tidak ada korupsi atau kolusi di lingkungan BPN," tegasnya.

Wabup Sugirah merasa senang BRI men-support pelayanan instansi di Banyuwangi. ”Berkat kerjasama seluruh pihak, tentunya sangat membantu dan bisa menyelamatkan aset daerah yang terselamatkan. Setidaknya ada 2.400 sertifikat aset daerah yang akan diselesaikan,” terangnya.

Sugirah berharap kerjasama yang sangat baik ini bisa dipertahankan sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. ”Dengan pelayanan baik dan kerjasama yang baik, bisa memunculkan para investor datang ke Banyuwangi,” pungkasnya.

(bw/rio/aif/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia