Sabtu, 23 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

PPKM Turun ke Level Dua, Okupansi Hotel Mulai Naik 15 Persen

16 September 2021, 17: 45: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

PPKM Turun ke Level  Dua, Okupansi Hotel Mulai Naik 15 Persen

OKUPANSI MULAI MENINGKAT: Seorang petugas di salah Hotel di Situbondo melayani pengunjung di ruang receptionis, kemarin. (Marjono/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

SITUBONDO – Penurunan Level PPKM, ternyata membuat okupansi hotel di Situbondo mulai meningkat. Ada kenaikan hingga 15 persen sejak beberapa pekan terakhir.

Informasi yang diterima koran ini menyebutkan, keadaan ini terjadi seiring pelonggaran aturan PPKM level 2. Sehingga, membawa angin segar bagi pengelola perhotelan dan restoran di Kabupaten Situbondo.  “Membaiknya okupansi hotel di Situbondo sudah mulai terasa sejak di tetapkan PPKM level 2., terang Taufik Hadi Suryanto, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Situbondo, Senin (13/9) Kemarin. 

Hadi menyatakan, meski pariwisata belum dibuka, namun jika okupansi hotel dan restoran naik, maka itu akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Situbondo. “Tingkat ketersedian kamar hotel di Situbondo mulai terlihat membaik belum lama ini. Okupansi hotel mengalami peningkatan 15 persen dibandingkan waktu PPKM level 4,” tandasnya.

Baca juga: Kerupuk Bonggol Pisang; Bikin Camilan dari Tanaman Pekarangan

Dia menyebutkan, kala itu okupansi hotel hanya sekitar lima persen. Maklum, sektor perhotelan kala itu memang sangat terpukul bahkan anjlok. “Okupansinya sekitar 5 persen, jika level PPKM terus berkurang, maka diharapkan akan lebih tinggi lagi okupansinya. Sehingga untuk operasional  dan karyawan bisa ada perkembangan,” jelasnya.

Kata hadi, pihaknya berharap PPKM secepatnya bisa segera selesai. Sebab dengan begitu, peningkatan okupansi tamu membaik, Baik tamu dari dinas-dinas, tamu domistik maupun tamu pariwisata. “Diharapkan bisa tumbuh kembali, sehingga pariwisata, juga perhotelan dan restoran di Situbondo bisa bangkit kembali,” imbuhnya.

Meski demikian, Hadi menegaskan, sebagai warga negara yang baik, dirinya mendukung kebijakan-kebijakan PPKM dan lainnya dalam rangka penanganan Covid 19. Meski itu berdampak tak nyaman terhadap perekonomian. “Dengan kelonggarakan PPKM level 2, kita harapkan tempat-tempat wisata sudah mulai  disiapkan untuk dibuka kembali. Sehingga, kunjungan wisatawan bisa akan lebih banyak,”pungkasnya. (jon/pri)

(bw/*/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia