Selasa, 25 Jan 2022
Radar Banyuwangi
Home / Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Dua Bulan, 12 Ribu Orang Terbang Melalui Bandara Banyuwangi

13 Januari 2022, 09: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Dua Bulan, 12 Ribu Orang Terbang Melalui Bandara Banyuwangi

RUTE BARU: Pesawat Susi Air terbang perdana rute Banyuwangi-Sumenep PP. (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

AKTIVITAS penerbangan di Bandara Banyuwangi sempat melandai imbas penurunan mobilitas warga di masa pandemi Covid-19. Namun, aktivitas penerbangan dari dan menuju kabupaten the Sunrise of Java berangsur normal seiring penyebaran Covid-19 yang mulai terkendali.

Bahkan, sejak Desember lalu, penerbangan rute Banyuwangi–Jakarta pergi pulang (PP) mulai dilayani oleh dua maskapai nasional secara teratur. Setiap hari ada penerbangan.

Bupati Ipuk Fiestiandani mengatakan, pihaknya sengaja bersurat kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI memohon penambahan frekuensi penerbangan rute Banyuwangi–Jakarta. Hal ini seiring terus meningkatnya okupansi penumpang dari maupun ke kabupaten ujung timur Pulau Jawa.

Baca juga: Pisahkan Level Asesmen, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi

”Kami melihat okupansi maskapai yang melayani rute Jakarta–Banyuwangi selama ini selalu penuh, meskipun jadwalnya tidak teratur. Dari sini, kami lantas bersurat ke pemerintah pusat untuk membantu penambahan maskapai. Alhamdulillah, upaya ini kemudian direspons positif, termasuk oleh pihak maskapai. Bahkan, dengan jadwal yang pasti,” ujarnya kala itu.

Selain rute Jakarta–Banyuwangi, imbuh Ipuk, pihaknya juga mengusahakan terjadinya penambahan rute Banyuwangi–Denpasar dengan jadwal yang pasti. ”Sehingga bisa tersedia setiap hari seperti halnya rute Jakarta–Banyuwangi,” kata Ipuk.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi Dwi Yanto mengatakan, sejak November 2021 hingga Selasa (11/2), total penerbangan di Bandara Banyuwangi mencapai 142 pergerakan. Pada periode yang sama, jumlah penumpang yang memanfaatkan layanan transportasi udara di bandara kebanggaan masyarakat Banyuwangi itu mencapai belasan ribu orang. ”Total penumpang mulai November 2021 hingga 11 Januari 2022 sebanyak 12.641 orang,” pungkasnya. 

(bw/sgt/aif/als/JPR)

©2022 PT. JawaPos Group Multimedia