Sabtu, 23 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Edukasi
icon featured
Edukasi

Kalian Ngaku Mahasiswa.....Ayo Tangkal Hoaks

25 September 2021, 17: 55: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

Kalian Ngaku Mahasiswa.....Ayo Tangkal Hoaks

TANGKAL HOAKS: Ketua KPU Dwi Anggraini Rahman menyajikan paparan di hadapan mahasiswa perwakilan 14 BEM perguruan tinggi se-Kabupaten Banyuwangi (Elly Irwan/RaBa)

Share this      

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi –Mahasiswa sebagai agen perubahan memiliki peranan besar dalam dinamika politik. Termasuk menangkal berita hoaks, ujaran kebencian, dan SARA di era digital ini. Pernyataan itu disampaikan oleh Dr Demas Brian Wicaksono, dosen Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi di hadapan para perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari 14 perguruan tinggi di Banyuwangi kemarin (23/9).

Menurut Demas, mahasiswa selaku generasi muda yang melek teknologi informasi memegang peranan penting dalam media sosial. Etika bermedia sosial wajib dijunjung tinggi oleh kalangan mahasiswa. ”Mahasiswa harus bisa menyaring informasi lebih dahulu sebelum disebarkan ke media sosial agar tidak menjadi bagian dari mata rantai penyebaran hoaks,” pesannya dalam kegiatan penyuluhan pendidikan politik kepada masyarakat di aula Uniba itu.

Sementara itu, narasumber kedua Dwi Anggraini Rahman SPsi MPd. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi itu mengajak mahasiswa ikut berperan dalam penyelenggaraan pemilu. Mahasiswa diminta ikut mengawasi setiap tahapan pemilu yang akan digelar pada tahun 2024. Bahkan, mahasiswa diajak membantu pendidikan politik bagi pemilih dan sosialisasi pemilu. ”Berita-berita hoaks juga sering bermunculan menjelang pemilu, sehingga butuh peran serta mahasiswa untuk turut menangkalnya sekaligus mengedukasi masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Peduli Pengelolaan Limbah B3 Medis

Kegiatan forum diskusi bertema ”Peran Mahasiswa dalam Dinamika Politik, Menangkal Berita Hoaks, Ujaran Kebencian, dan SARA di Era Digitalisasi” itu dibuka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banyuwangi Abdul Aziz Hamidi SE MM. ”Mahasiswa kami ajak untuk berperan dalam pembangunan sekaligus menjaga kondusivitas politik di Kabupaten Banyuwangi dengan ikut serta menangkal informasi hoaks yang merugikan,” kata Aziz. 

(bw/rbs/rbs/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia