Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Edukasi
icon featured
Edukasi

Siswa Didik Desy Education Belajar Jurnalistik

24 November 2021, 10: 35: 05 WIB | editor : Ali Sodiqin

Siswa Didik Desy Education Belajar Jurnalistik

SINERGI: LKP Desy Education menyerahkan cenderamata dan piagam kepada JP-RaBa atas dukungannya terhadap program PKK Tipe A; Platinum Bidang Perhotelan, Selasa (23/11). (LKP Desy Education for RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI – Peserta program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Tipe A; Platinum bidang perhotelan jenjang III, berkunjung ke kantor Jawa Pos Radar Banyuwangi (JP-RaBa), Selasa kemarin (23/11).

Study Visit to JP-RaBa dilaksanakan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Desy Education (DE) Banyuwangi yang difasilitasi Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek RI. 

Kedatangan 60 peserta program PKK LKP DE Banyuwangi disambut Benny Siswanto selaku tour guide JP-RaBa. Diawali dengan berkeliling door to door ruang mulai dari front office, studio podcast, ruang seblang hingga ruang redaksi kru JP-RaBa. 

Baca juga: Siswa SMPN 1 Glenmore Belajar Jurnalistik

Seusai berkeliling, peserta program PKK ditunjukkan video proses pembuatan koran JP-RaBa di Seblang Room yang dipandu oleh Pemimpin Redaksi (Pimred) JP-RaBa Syaifuddin Mahmud.

Syaifuddin mengatakan, untuk mengisi koran butuh personel yang namanya wartawan. Berita yang ditulis harus lengkap, datanya harus akurat dan berimbang. Imbang yang dimaksud adalah memberikan kesempatan yang sama, tidak boleh mencampuradukkan antara fakta dan opini. ”Berita itu harus sesuai fakta,” tegas Aif, sapaan akrabnya. 

Direktur LKP DE Banyuwangi Handoyo Saputro mengatakan, tujuan Study Visit ke JP-RaBa adalah untuk mengenalkan dunia jurnalistik kepada siswa didik. ”Mengetahui bagaimana proses pembuatan koran, mulai dari mencari berita, mengedit, dan hingga me-layout perwajahan koran yang bagus,” ujar Handoyo.

Handoyo berharap pengalaman belajar ilmu junalistik ini bisa menambah pengetahuan dan mengetahui dinamisme bekerja sebagai seorang awak media. ”Terima kasih kepada JP-RaBa yang telah mendukung program PKK LKP DE Banyuwangi. Ke depan bisa terus bersinergi untuk menciptakan SDM Banyuwangi yang unggul,” pungkas Handoyo.

(bw/aif/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia