Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Edukasi
icon featured
Edukasi

SMAN 1 Muncar Kerahkan Seluruh Duta Seni

19 Oktober 2021, 07: 28: 58 WIB | editor : Bayu Saksono

SMAN 1 Muncar Kerahkan Seluruh Duta Seni

LINCAH: Duta seni dari SMAN 1 Muncar menampilkan tari jakripah dengan apik. (deddy Jumhardiyanto/RaBa)

Share this      

MUNCAR, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Setelah sukses dilaksanakan di Kecamatan Tegalsari, pergelaran Banyuwangi Culture Everyweek (BCE) yang mengusung Colorful Hybrid Concept kembali digelar, Sabtu (16/10).

Kegiatan ini merupakan gelaran BCE yang kedua usai dibuka kembali pasca Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Covid-19.

Festival yang mempertontonkan atraksi kesenian para pelajar ini digelar di Aula SMAN 1 Muncar. Para pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP/MTs, hingga SMA/MA turut memeriahkan acara yang disiarkan live lewat channel YouTube ini.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Buah Naga Menuju Pasar Ekspor

Ya, saat ini Festival BCE digelar secara hybrid alias memadukan offline dan online. Seluruh masyarakat Banyuwangi, Nusantara, bahkan mancanegara bisa ikut menyaksikannya secara daring. Sehingga, masyarakat tidak perlu keluar rumah dan berkerumun di tempat acara. Sementara, penonton yang menyaksikan secara offline dibatasi jumlahnya dan tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

Penonton yang menyaksikan di aula dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas aula. Begitupun para talent yang tampil juga tetap mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan face shield. Para wiyaga juga wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

BCE edisi Kecamatan Muncar ini dibuka dengan kegiatan santunan yatim piatu dan penampilan lagu Islami dari MI Raudlatul Tholibin. Yang menarik, acara kali ini dibuka oleh perwakilan Pos TNI Angkatan Laut Muncar Kopka Edi R. ”Ini merupakan perhatian yang sangat besar dari pemerintah. Karena dalam kondisi apa pun selalu siap sedia untuk adik-adik agar dapat lebih meningkatkan prestasi di bidang akademik maupun non-akademik,” ungkap Edi.

Dalam BCE kali ini, duta seni pelajar tuan rumah yakni dari SMAN 1 Muncar mengerahkan seluruh talent dengan penampilan berbagai atraksi tari. Di antaranya tari tari jejer gandrung jaran dawuk, tari jaran goyang, tari jakripah, tari sorote lintang, dan tari jaranan.

Ada juga tari cunduk menur dan tari jaranan buto yang dibawakan oleh duta seni pelajar dari SMPN 1 Muncar. Tidak itu saja, beberapa siswa SMPN 1 Muncar dan MI Muhammadiyah Sumberberas juga menampilkan atraksi bela diri.

Kegiatan Banyuwangi Culture Every Week ini digelar dalam rangka memberikan wadah bagi pelajar untuk mengekspresikan kemampuan di bidang seni budaya khas Banyuwangi. Sekaligus untuk memberikan sajian yang menghibur bagi masyarakat dan melestarikan kesenian lokal.

(bw/ddy/rbs/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia