Sabtu, 23 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Edukasi
icon featured
Edukasi

Jaran Goyang Ramaikan Inaugurasi Opspek Untag

16 September 2021, 14: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Jaran Goyang Ramaikan Inaugurasi Opspek Untag

JARANG GOYANG: Mahasiswa baru menampilkan tari dalam Opspek 2021. (Untag BWI for RaBa)

Share this      

BANYUWANGI – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi menyambut tamu istimewa tahun ini. Mereka adalah para Untag Muda atau mahasiswa baru dalam Orientasi Program Studi dan Pengenalan Kampus (OPSPEK) tahun 2021.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari sejak tanggal 7 hingga 11 September 2021 itu dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Ratusan mahasiswa baru dari enam fakultas, yaitu Ekonomi, Hukum, Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), serta Pertanian dan Perikanan tampak antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan secara virtual itu.

Beberapa pemateri internal memberikan wawasan kepada mahasiswa baru. Di antaranya Rektor Untag Drs Andang Subaharianto MHum menjadi pemateri dengan topik ”Perguruan Tinggi dalam Revolusi Industri 4.0”. Ada pula Wakil Rektor I Untag Yovita Vivianty I Atmadjaja SE MCom yang menyampaikan ”Sistem Pendidikan Tinggi”. Pemateri lainnya, Sekretaris Untag B-Press Robit Nurul Jamil MPd memaparkan ”Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara”.  

Baca juga: SMAN 1 Cluring

Jaran Goyang Ramaikan Inaugurasi Opspek Untag

OPSPEK: Rektor Untag Andang Subaharianto memasang atribut topi kepada perwakilan mahasiswa baru. (Untag BWI for RaBa)

Sedangkan pemateri eksternal yakni Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dr Widji Lestariono. Dokter yang karib disapa Rio itu menerangkan tentang ”Kesadaran Lingkungan Hidup dan Kampus Sehat”. Sementara materi terkait ”Peran Mahasiswa dalam Mitigasi Bencana” dijelaskan oleh Yusuf Arif, Kasi Pencegahan Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi.

OPSPEK 2021 mengangkat tema ”Semangat Merdeka Belajar Bersiap untuk Menjadi Pemimpin Masa Depan”. Meski digelar secara virtual, kegiatan tetap berlangsung meriah dan berkesan berkat kerja bareng panitia, dosen, dan tenaga kependidikan. Selain itu melibatkan seluruh organisasi kemahasiswaan (Ormawa), yang terdiri dari MPM, BEM, HMP, DPM, dan UKM.

Ketua Panitia OPSPEK 2021 Mahfud MPd mengatakan, kegiatan Inaugurasi OPSPEK lebih istimewa karena memberikan panggung bagi mahasiswa baru. Inaugurasi dibuka dengan penampilan tari Jaran Goyang oleh perwakilan mahasiswa baru FKIP. Dalam sambutan menutup kegiatan OPSPEK, Rektor Untag Andang Subaharianto mengingatkan Untag Muda untuk belajar dengan senang hati. Menurutnya, belajar dengan senang hati akan membuat capaian yang dihasilkan lebih memuaskan. ”Ini adalah kesempatan untuk memastikan masa depan yang cemerlang,” pesan Andang.

Puncak OPSPEK dirangkai dengan Pelepasan Peserta Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang bergabung melalui Zoom Meeting. Mereka didominasi mahasiswa dari perguruan tinggi yang berada di Kalimantan, yang akan menjadi mahasiswa di Untag Banyuwangi sebagai peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021.

Kegiatan OPSPEK kali ini mendapat dukungan dari mitra sponsor, yaitu Nutrifood, Biznet, Emina, dan Le Minerale. (*)

(bw/*/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia