Sabtu, 23 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Edukasi
icon featured
Edukasi

Dispendik Jatim Resmikan SMA Negeri 1 Panji jadi Sekolah Berkarakter

09 Oktober 2021, 13: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Dispendik Jatim Resmikan SMA Negeri 1 Panji jadi Sekolah Berkarakter

BERKOMITMEN: Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT meresmikan Sekolah Berkarakter di SMAN 1 Panji, kemarin. (Marjono/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

PANJI – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi  meresmikan sekolah berkarakter di SMA Negeri 1 Panji Situbondo, kemarin (7/10). Langkah ini sebagai wujud pendidikan karakter terhadap peserta didik. 

Kepala SMAN 1 Panji, Gatot Dwi Pujihandoko mengatakan, pendidikan karakter (Caracter Education) erat hubungannya dengan sistem pendidikan moral. Tujuannya adalah untuk melatih dan membentuk karakter individu dari peserta didik, agar menjadi pribadi yang bermoral, bertoleran, tangguh, berahklak mulia dan berperilaku baik terhadap sesama.

Gatot menyatakan, bahwa sekolah berkakter yang diterapkan saat ini adalah bagian dari visi-misi SMAN 1 Panji. Yakni, luhur dalam budi, unggul dalam prestasi. Sehingga, diharapkan sekolah berkarakter ini akan terwujud wawasan kebangsaan, nilai-nilai kebangsaan, cinta tanah air serta cinta bangsa dan agama. Agar prilaku siswa-siswi bisa menjadi lebih baik.

Baca juga: Peserta PKK, Cooking Class bersama Chef Hotel Kokoon

“Jadi intinya bagaimana siswa bisa dispilin. Contohnya, siswa sebelumnya tidak pernah mengucapkan salam pada orang tua, maka dengan pendidikan karakter ini, siswa bisa merubah perilakunya. Sehingga terbentuklah siswa yang berkarakter mulia,” ujar Gatot.

Kata dia, di Kabupaten Situbondo, hanya SMAN 1 Panji yang memiliki program sekolah berkarakter. “Saya bersyukur, karena Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur ikut memberi mendukung penuh kepada SMAN 1 Panji menjadi sekolah berkarakter dan diresmikan langsung oleh beliau,” terang mantan Kepala SMAN 1 Banyuputih tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi mengatakan, keberadaan SMAN 1 Panji sangat luar biasa. Sebab, banyak memiliki potensi unggulan dan capaian prestasi yang membanggakan. Program sekolah doubel track yang ditampilkan SMAN 1 Panji dan SMA-SMA yang tidak tercatat sebagai status double track pun mampu menampilkan diri sebagai sekolah double track. “Kami berharap sekolah double track bisa memberikan pembelajaran dan merangkul sekolah terdekat,” imbuh Wahid

Kata dia,  SMAN 1 Panji memiliki semangat yang luar biasa, meski kondisi di tengah guncangan Covid-19. Maka dengan terobosan dan inovasi yang dimiliki, sekolah-sekolah di Jatim sejak Agustus 2020 pun, mempunyai keberanian untuk melakukan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), meski harus dengan protokol kesehatan secara ketat.

“Kami bersyukur, siswa SMA SMK di Jatim paling banyak diterima dalam seleksi di berbagai PTN di Indonesia. Bahkan dari penilaian Kemendagri, kinerja Dinas pendidikan Jatim mendapat nilai tertinggi se-Indonesia. Untuk itu kami patut berterima kasih atas inovasi dan kreativitas ini semua, sehingga Jawa Timur lebih maju,” pungkasnya. (jon/pri/adv)

(bw/*/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia