Sabtu, 23 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Edukasi
icon featured
Edukasi
LKP DESY EDUCATION

Praktik Food and Beverage Service ala Hotel Berbintang

08 Oktober 2021, 09: 44: 02 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Praktik Food and Beverage Service ala Hotel Berbintang

SINERGI: Direktur LKP DE Banyuwangi Handoyo Saputro (dua dari kiri) memberikan cenderamata kepada F&B Manajer Abdul Ghofur (baju putih) usai acara praktik F&B Service di Hotel Kokoon Banyuwangi, Rabu (6/10). (BENNY SISWANTO/RABA)

Share this      

KABAT, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Peserta didik program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Tipe A: Platinum Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Desy Education (DE) Banyuwangi melaksanakan praktik Food and Beverage Service cara melayani tamu di restoran.

Acara yang difasilitasi oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek RI itu, digelar di Hotel Kokoon Banyuwangi pada Rabu (6/10). Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Food and Beverage (F&B) Manajer Hotel Kokoon Banyuwangi Abdul Ghofur.

Dalam kesempatan tersebut, Ghofur menjelaskan tentang tata cara table set up yang baik dan mengenalkan berbagai macam gelas yang digunakan untuk minuman (beverages) untuk tamu yang akan makan di restoran. Dijelaskan pula, macam-macam table set up, mulai dari basic table set up, standard table set up, hingga yang menggunakan peralatan yang komplet atau elaborate set up yang biasanya digunakan pada acara formal dinner.

Baca juga: Airlangga Berharap Monash University Cetak Generasi Muda Berdaya Saing

Tidak ketinggalan Ghofur menunjukkan cutleries atau peralatan makan yang dimiliki Hotel Kokoon Banyuwangi. Ada yang terbuat dari bahan kemarik, kaca atau glassware, dan dari bahan perak atau silverware. 

Ghofur juga berbagi tips dalam menyajikan makanan dan minuman yang bagus adalah tidak mengganggu tamu saat duduk. Lihat situasi dan kondisi saat akan menyajikan dan jangan grogi. ”Semua butuh proses, harus rajin belajar, sering berkomunikasi dengan orang lain, dan yang terpenting adalah harus percaya diri,” pesan Ghofur. 

Rusli Reynaldi, salah satu peserta didik program PKK mengaku bangga bisa bergabung dengan LKP DE Banyuwangi. Menurutnya, pelatihan di LKP DE pembelajarannya sangat bagus, ilmu yang diajarkan mulai dari teori dan praktik beserta para instrukturnya sangat mumpuni dan berpengalaman di bidangnya. ”Terima kasih DE, ini pengalaman baru. Kita siap kerja dan sukses di dunia perhotelan,” ujar Rusli.

Direktur LKP DE Banyuwangi Handoyo Saputro MPd MSi mengatakan, kegiatan ini merupakan ilmu yang real. Apa yang didapat di LKP, selaras dengan kompetensinya di industri sehingga ketika OJT atau bekerja, mereka sudah punya gambaran. ”Insya Allah dengan upaya keras oleh LKP DE dan treatment yang baik kepada peserta didik, maka output lulusan program PKK ini dapat tersalurkan di Industri Dunia Usia dan Kerja (IDUKA),” harap Handoyo.

Handoyo mengungkapkan, LKP DE selalu konsisten menggandeng IDUKA. Program ini harus berhasil karena seleksinya sangat ketat dan terkonsep dengan sistematis. Dia berharap banyak IDUKA yang berkolaborasi dengan LKP DE melalui program PKK ini. ”Pastinya, LKP DE ingin menciptakan SDM kualitas unggul dan siap kerja,” pungkas Handoyo. (*)

(bw/als/ics/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia