BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Giri (Smagi) Taruna Bangsa tidak henti-hentinya membuat terobosan dan inovasi. Setelah menggandeng Angkatan Darat dan Angkatan Laut, kali ini Smagi menggandeng Kepolisian sebagai mitra dalam pendidikan.

Kemarin (2/8) Kapolresta Banyuwangi Kombespol Deddy Foury Millewa memberikan materi khusus parenting kepada wali murid siswa baru. Pentingnya peran orang tua dalam pembentukan karakter anak terbentuk saat di lingkungan rumah. ”Di mana terjadi interaksi antara orang tua dan anak adalah sesuatu yang sangat berharga dan berperan dalam pembentukan karakter anak,” ujar Kapolresta Deddy.

Di sekolah guru bertugas mendidik dan memberikan pembelajaran kepada siswa. Dan, ini waktunya hanya beberapa jam saja. ”Sementara sebagian besar waktu anak akan dihabiskan di lingkungan rumah,” kata Deddy.

Baca Juga :  Sabet Juara 2 Penyanyi Solo di Ajang SMA Awards 2021

Kehadiran Kapolresta di Smagi Taruna Bangsa tidak sekadar untuk memberikan materi parenting, tetapi juga untuk penandatanganan kerja sama dalam pendidikan penguatan karakter siswa.

Di waktu yang sama Kepala Smagi Taruna Bangsa Mujib menuturkan bahwa di sekolahnya tidak hanya kurikulum yang selalu update. Sekolah juga akan memberikan ruang kepada talenta yang dimiliki siswa. Baik di bidang akademik maupun nonakademik. ”Akan didukung sepenuhnya oleh Sekolah,” terang Mujib.

Saat ini, 182 siswa lulusan Smagi telah diterima di jenjang studi lanjut. Terdiri dari 46 siswa masuk melalui jalur SNMPTN, 6 siswa di SNMPN, 57 siswa di SBMPTN, 4 siswa di SBMPN, 1 SPAN PTKIN, 57 siswa mandiri, SBMPTR 7 siswa dan 4 siswa diterima di Polri.

Tiara Maissie, siswi kelas XI MIPA 6, berangkat ke Amerika untuk mengikuti Innovation Project. Tiara akan presentasi di hadapan perusahaan minyak Amerika. Sementara Shafilano Keyza Effendi, siswa XI MIPA 7 saat ini sedang mengikuti babak final Dangdut Akademy. Di bidang olahraga, Dewi Septianing Irawan, siswa kelas XII MIPA 3 sedang mengikuti pelatnas pencak silat di Pandaan dan Dyaz Firman Maulana, siswa XII MIPA 6, saat ini tengah dikontrak oleh Persik Kediri untuk mengikuti kompetisi.

Baca Juga :  Guru Dilatih Maksimalkan Akun Pembelajaran Daring

Mujib menambahkan, Smagi juga berkomitmen untuk berkompetisi di tingkat global sehingga setiap tahun akan mengirimkan siswanya dalam ajang internasional seperti Nairong International Student Conference (NISC) di Thailand. Smagi pun tidak pernah absen dalam diskusi antarsekolah secara internasional dalam Generation Global. Walau secara daring, melalui kegiatan ini siswa bisa membahas isu global, bertukar budaya, dan lainnya.  (*/afi/c1)