Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Budaya
icon featured
Budaya

Warga Karangdoro Gelar Petik Sungai

19 Oktober 2021, 10: 55: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

Warga Karangdoro Gelar Petik Sungai

APRESIASI: Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menyerahkan ikan kepada ketua Karang Taruna Bina Muda Desa Karangdoro, (Sulhan Hadi/RaBa)

Share this      

TEGALSARI, Jawa Pos Radar Genteng-  Ada yang berbeda pada pelaksanaan spei di Dam Karangdoro, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari tahun ini. Tidak sekadar pengeringan, di sungai itu Karang Taruna Bina Muda menggelar acara khusus bertajuk Petik Sungai Karangdoro.

Dalam Petik Sungai itu, diadakan lomba menangkap ikan. Untuk acara yang sudah berlangsung tahunan itu, panitia melepas 500 kilogram ikan. “Kegiatan ini murni inisiatif dan dilaksanakan sepenuhnya oleh Karang Taruna, kita hanya memfasilitasi saja,” cetus Kepala Desa Karangdoro, Sunaryo.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas yang hadir dalam acara itu mengapresiasi langkah para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Bina Muda. Menurutnya, kegiatan ini selain meningkatkan kepedulian warga terhadap ekosistem sungai, juga memberi hiburan kepada masyarakat. “Ini memiliki nilai positif karena lingkungan dan eksosistem sungai terjaga, juga memiliki nilai edukasi dan hiburan,” katanya.

Baca juga: 76 Lukisan Masuk ke Meja Panitia

Bupati Ipuk berharap kegiatan ini bisa berlangsung secara berkesinambungan, dan diikuti dengan kesadaran warga menjaga sungai, serta mendukung upaya pelestarian sumberdaya air. “Saya juga berpesan, tetap disiplin pada protokol kesehatan. Covid-19 masih ada di sekitar, kita harus tetap waspada,” harapnya.

Korsda Bangorejo, Slamet Widodo menyampaikan pengeringan sungai itu agenda tahunan. Sesuai ketentuan, pengeringan akan berlangsung selama 15 hari. Tapi karena saat ini persawahan membutuhkan air, maka sesuai kesepatakan tiga korsda, yakni Korsda Pesanggaran, Cluring, dan Bangorejo serta petunjuk Dinas PU Ppengairan Banyuwangi, maka spei hanya berlangsung empat hari. “Besok (hari ini) kita kerja bakti di pintu dam,” jelasnya.

(bw/sli/rbs/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia