Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Budaya
icon featured
Budaya
SMAN 1 Situbondo

Edukasi Siswa Dengan Festival Kebangsaan

13 November 2021, 15: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Edukasi Siswa Dengan Festival Kebangsaan

MENYALURKAN BAKAT: Siswa-siswi SMAN 1 Situbondo tampil dengan memainkan musik di hadapan peserta pada malam puncak Festival Kebangsaan. (Marjono/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

SITUBONDO – SMA Negeri 1 Situbondo menggelar Festival Kebangsaan, Rabu (10/11) kemarin. Langkah ini diambil sebagai sarana edukasi siswa tentang nilai-nilai budaya dan sarana tranmisi budaya. Acara yang diselenggarakan oleh OSIS SMAN 1 Situbondo periode 2021-2022 itu, dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, Sumpah Pemuda, dan Hari Pahlawan.

Wakasek kesiswaan SMAN 1 Situbondo, Nur Khoiron A mengatakan, kegiatan FK dilaksanakan secara langsung dan virtual. Ini mengingat kondisi saat ini masih menerapkan prokes. Kata dia, kegiatan yang di lakukan secara langsung di sekolah, siswa maupun guru harus mengikuti aturan pemberlakuan aplikasi Peduli Lindungi, menggunakan masker, mencuci tangan serta jaga jarak. Sedangkan siswa-siswi yang mengikuti kegiatan dari rumah bisa langsung live melalui ‘YouTube SMAN 1 Situbondo’.

“Kegiatan Festival Kebangsaan dimulai dengan upacara hari sumpah pemuda, dilanjutkan dengan pembukaan FK 2021.  Selain itu, juga dilaksanakan berbagai lomba di antaranya, lomba menulis curhat pendidikan, membaca berita, narasi biografi tokoh, upacara Hari Pahlawan, bazar kebangsaan dan di akhiri malam puncak Festival Kebangsaan dengan diisi teater, band, akustik, paduan suara, dan dilanjutkan pengumuman para juara,” terang Nur Khoiron, kemarin (11/11).

Baca juga: 28 Manekin Karya Nasirun Diboyong ke Banyuwangi

Dia menyebutkan, karakteristik festival ini dinilai sangat unik, sebab FK yang dihelat tersebut memiliki banyak manfaat. Selain untuk menghibur, mengedukasi, juga melestarikan budaya lokal. Selain itu, pihaknya juga mengajak siswa-siswi untuk berwirausaha dengan ikut serta dalam acara bazar yang diselenggarakan oleh pengurus OSIS SMAN 1 Situbondo. “Dengan adanya kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan kebudayaan guna memperkokoh budaya daerah dan melakukan revitalisasi budaya (penguatan),” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Situbondo, Nurhidayat Yuliadi mengatakan, acara Festival Kebangsaan (FK) yang digelar oleh pengurus OSIS SMASA patut diapresiasi. Sebab, kegiatan ini merupakan sarana pelestarian budaya.”Untuk mensosialisasikan nilai-nilai budaya kepada masyarakat, dan sebagai sarana transmisi budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya. Sehingga, diharapkan semua warga SMAN 1 Situbondo bangga akan budaya lokal.,” imbuh Nur Hidayat.

Dia menyatakan, Festival Kebangsaan (FK) ini juga memiliki ragam budaya dan makna yang terkandung dalam jiwa kebangsaan dan cinta budaya. Yang mana kegiatan ini dikemas dengan akulturasi budaya lokal dan global. ”Oleh karena itu, dalam kondisi ini pemahaman akan kekayaan dan keragaman warisan budaya yang kita miliki sebagai salah satu kekuasaan dan keunggulan yang kompetitif yang bisa dibanggakan dan memiliki daya produktif yang sangat tinggi,” pungkasnya. (jon/pri/adv)

(bw/*/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia