Sabtu, 23 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Situbondo
icon featured
Situbondo

Warga yang Vaksin Minim, Situbondo Masuk Level Tiga Lagi

25 September 2021, 09: 35: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Warga yang Vaksin Minim, Situbondo Masuk Level Tiga Lagi

Sejumlah warga Situbondo menjalani vaksin Covid-19. Kesadaran warga Kota Santri mengikuti vaksinasi tergolong masih rendah. (Humaidi/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

SITUBONDO – Kabupaten Situbondo kembali masuk ke level tiga dalam penanganan Covid 19. Itu terhitung sejak Selasa (21/09) lalu. Namun, kali ini bukan berdasarkan jumlah penderitanya, tapi karena capaian vaksinasi yang masih sangat rendah.

Bupati Situbondo, Drs Karna Suswandi kepada wartawan menjelaskan, penilaian Covid 19 saat ini dikaitkan dengan capaian vaksinasi. “Karena di Kabupaten Situbondo masih di angka 16,6 persen. Sehingga sejak hari ini kita masuk di level tiga,” kata Bupati, Selasa malam (21/09). 

Dia menjelaskan, pemerintah kabupaten/kota sebenarnya bisa memilih akan berada di level mana. yang penting, capaian vaksinasinya sudah sesuai dengan ketentuan. “Bagi kabupaten kota yang ingin level satu, vaksinasinya harus mencapai 70 persen, yang di level 2, pelaksanaan vaksinasinya harus 50 persen,” imbuh pria kelahiran Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa tersebut.

Baca juga: Banyak Siswa Belum Vaksin Karena Dilarang Orang Tua

Dengan kembalinya Kabupaten Situbondo ke level tiga, kata Bupati, maka akan banyak pengetatan pengetatan sesuai dengan aturan yang sudah diterbitkan Kemendagri yang berlaku di level tiga. Pemberlakuan di level tiga tersebut, sudah barang tentu juga akan berpengaruh terhadap kegiatan masyarakat.

Sebab itulah, Bupati menghimbau kepada masyarakat untuk segera melaksanakan vaksinasi. Termasuk terus mematuhi protokol kesehatan. “Ketika capaian vaksinasi kita meningkat, maka level kita akan turun. Sehingga, pembatasan kegiatan masyarakat akan semakin longgar,” papar Bupati.

Bupati sangat berharap dukungan dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam vaksinasi. Masyarakat diminta tidak mudah percaya berita hoax yang tersebar di media sosial.

Bupati menyebutkan, di beberapa kabupaten/kota, capaian vaksinasinya sudah ada yang di atas seratus persen. “Hanya ada beberapa kabupaten kota yang masih rendah. Makanya saya berharap dukungan partisipasi seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo, agar capaian vaksinasi di Kabupaten Situbondo meningkat,” tegas Bung Karna. (mg1/pri)

(bw/*/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia