Sabtu, 23 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Situbondo
icon featured
Situbondo

Selama PPKM Diberlakukan, Stok Darah Aman

19 September 2021, 07: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Selama PPKM Diberlakukan, Stok Darah Aman

SOFWAN HADI: Ketua Palang Merah Indonesia (Humaidi/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

SITUBONDO – Ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Situbondo dinyatakan aman. Masyarakat sebagai pendonor antusias untuk terus mendonasikan darahnya kepada PMI secara rutin.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Situbondo, Sofwan Hadi mengatakan, antusias warga mendonorkan darahnya turut membantu ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. “Jadi selama PPKM, stok darah tidak pernah terbengkalai atau tidak sampai kehabisan persediaan darah untuk kebutuhan masyarakat umum,” ujarnya kepada koran ini, kemarin (17/9).

Menurutnya, dengan melakukan kerja sama dengan masyarakat, darah yang dibutuhkan selalu tercukupi. Meski demikian, PMI tak hanya menunggu, tapi juga jemput bola. "Kita rutin datang ke masyarakat, kerjasama dengan polisi, kodim, ormas, dan lain-lain yang berkenan untuk melakukan donor darah, ya kita datangi," ucapnya.

Baca juga: Rumah Terbakar, Uang Tunai Rp 270 Juta Jadi Arang

Tujuan mendatangi masyarakat secara langsung, untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Tetapi masih banyak juga masyarakat yang sudah terbiasa donor darah, mendatangi kantor unit donor darah yang ada di Situbondo. "Antusias pendonor darah,  sampai saat ini masih stabil. Bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darah cukup mengisi formulir, dan itu berlaku bagi seluruh masyarakat  yang ingin mendonorkan darahnya," jelasnya.

Sofwan mengaku sangat mengaresiasi masyarakat yang sudah antusias mendonorkan darahnya. “Semoga saja masyarakat secara umum ikut mendonorkan darahnya sehingga saling membantu satu sama lain,” pungkasnya.

Selain itu, Bidang Pelayanan Unit Donor Darah (UDD) Situbondo, Anton mengatakan, ketersediaan darah dari golongan darah yang berbeda juga tersedia. Jadi masyarakat yang membutuhkan, tidak akan kehabisan stok yang ada di UDD Situbondo.

“Untuk semua golongan darah hingga saat ini masih aman semua. Bahkan untuk golongan darah B, stoknya cukup banyak. Intinya masyarakat tidak bakalan kekurangan. Untuk stok darah yang beragam seperti, darah A, sebanyak 31 kantong, B sebanyak 49 kantong sedangakan darah O sebanyak 26 kantong darah,” pungkasnya. (mg1/pri)

(bw/*/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia