Selasa, 25 Jan 2022
Radar Banyuwangi
Home / Situbondo
icon featured
Situbondo

Cuaca Buruk, Nelayan Enggan Melaut

14 Januari 2022, 11: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Cuaca Buruk, Nelayan Enggan Melaut

TERJADI DUA HARI TERAKHIR: Nelayan di pesisir Pantai Panarukan Rabu (12/1) memilih untuk memarkir perahunya selama cuaca belum bersahabat. (As’ad Zuhaidi/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

PANARUKAN - Sejumlah nelayan di pesisir pantai Panarukan enggan melaut, Rabu (12/1).  Penyebabnya, cuaca dua hari terakhir ini tidak bersahabat. Mereka memilih memarkir perahunya.

Supriyono, salah seorang nelayan mengatakan, dirinya mengutamakan keselamatan jiwa. Selain itu juga untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan perahu. Sebab, jika memaksa melaut, maka gelombang tinggi akan menghantam perahunya di tengah laut. “Kita tidak berani mencari ikan di laut kalau dalam cuaca seperti ini,” Katanya, pada koran ini, Rabu (12/1).

Namun, lanjut Supriyono, ada juga nelayan yang nekat memaksa melaut. Hasilnya hanya cukup untuk buat makan sehari saja. Sebab, dalam keadaan angin kencang seperti saat ini, maka sulit untuk mencari ikan. 

Baca juga: Pembobol Lima Rumah Warga Kedunglo Dibekuk Polisi

Dia menambahkan, untuk mengisi kekosongan waktu, mereka memilih untuk memperbaiki jaring yang rusak dan mengecek mesin perahunya. Untuk mencukupi kebutuhan sehari hari keluarganya, para nelayan biasanya mencari pekerjaan sampingan. Misalnya, menjadi kuli bangunan. “Sambil menunggu cuaca membaik, saya kerja jadi kuli. kalau tidak seperti itu, keluarga tidak makan,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang ikan di pesisir pantai Panarukan, Suci, mengatakan, harga ikan masih stabil. Padahal, dalam situasi dan kondisi seperti saat ini, harga ikan biasanya naik. Sebab, persediaan di pasar sedikit. “Karena akhir akhir ini tidak banyak pasokan ikan dari nelayan sekitar. Banyak nelayan yang tidak pergi melaut,” jelasnya.

Dia mencontohkan harga ikan Mangla antara Rp 20 sampai RP 25 per kilogramnya. Tergantung ukuran kecil-besarnya ikan. (mg4/pri)

(bw/*/als/JPR)

©2022 PT. JawaPos Group Multimedia