Kecamatan Genteng Tanpa Acara Agustusan

GENTENG, Jawa Pos Radar Genteng – Kota Genteng yang biasanya menjadi barometer dalam peringatan Kemerdekaan RI, di wilayah Banyuwangi selatan, dalam HUT ke-77 RI kali ini melempem. Malahan, sejak 2020 dan 2021, kota terbesar kedua di Kota Gandrung setelah Banyuwangi itu, tidak ada kegiatan karena pandemi Covid-19.

Pada 2022 ini, angka penyebaran virus korona semakin menurun dan pemerintah memberi kebebasan kegiatan masyarakat. Tapi, Pemerintah Kecamatan Genteng tetap meniadakan kegiatan yang bisa menyemerakkan HUT ke-77 RI seperti gerak jalan dan karnaval. “Kecamatan tidak ada kegiatan, hanya upacara dan syukuran,” cetus Camat Genteng, Satrio.

Satrio mengatakan tidak ada larangan khusus dari Pemkab Banyuwangi untuk mengadakan karnaval maupun kegiatan lain demi memeriahkan ulang tahun kemerdekaan. Kegiatan ditiadakan, karena anggaran untuk perayaan kemerdekaan masih digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak, seperti penanganan Covid 19. “Pemerintah kecamatan hanya diinstruksikan mengadakan upacara,” dalihnya.

Baca Juga :  DPC Partai Gerindra Situbondo Gelar Lomba Memancing

Kebijakan pemerintah kecamatan yang tidak mengadakan acara pada Agustusan itu, ternyata juga diikuti Pemerintah Desa Genteng Wetan. Di tahun ini, juga tidak mengadakan kegiatan karnaval dan gerak jalan. “”Saya memilih untuk tidak mengadakan kegiatan Agustusan,” cetus Kepala Desa Genteng Wetan, H Syukri.

Syukri mengatakan tidak ada larangan untuk mengadakan acara di Agustusan. Bahkan, pemerintah juga membebaskan. Tapi, ia memilih mengutamakan program pemerintah desa yang masih belum terselesaikan. “Kami masih fokus mengurus program desa yang belum selesai,” katanya.

Saat ini, lanjut dia, pemerintah desa masih fokus mengurus kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang masih belum rampung. Untuk perayaan Agustusan, diserahkan ke dusun dan masyarakat. “Masyarakat di Desa Genteng Wetan kami bebaskan untuk membuat perayaan sendiri,” ujarnya.(mg5/abi)

Baca Juga :  Terpaksa Jual Kambing untuk Perbaiki Rumah