Selasa, 25 Jan 2022
Radar Banyuwangi
Home / Genteng
icon featured
Genteng
Angin Kencang Terjang Pantai Selatan

Dua Tiang PLN Rusak, Seharian Listrik Mati

05 Februari 2021, 21: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Dua Tiang PLN Rusak, Seharian Listrik Mati

BERJIBAKU: Petugas PLN membenahi jaringan SUTM 20 KV di jalan simpang tiga dekat Pantai Pulau Merah, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, kemarin siang (4/2). (SHULHAN HADI/RaBa)

Share this      

JawaPos.com – Angin kencang yang terjadi di pesisir Pantai Selatan, juga merusak jaringan listrik PLN. Petugas PLN sejak pagi harus bekerja keras melakukan perbaikan di dua titik utama, yakni di depan jalan simpang tiga dan tikungan menuju Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, kemarin (4/2).

Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Jajag, Kecamatan Gambiran, Didit Ari Tarmizi mengatakan akibat angin kencang dan hujan deras, jaringan PLN mengalami kerusakan cukup parah. Kerusakan itu akibat pohon roboh yang mengenai kabel. “Cukup parah, ada kabel lepas juga,” jelasnya.

Kerusakan ini, terang dia, sebenarnya bisa diminimalkan ketika jaringan listrik aman dari pohon-pohon tinggi dan berisiko. Makanya, ia meminta pada warga untuk mendukung saat petugas listrik melakukan perapian dahan pohon. “Ini rusaknya karena tertimpa pohon,” ujarnya.

Menurut Didit, angin kencang itu juga mengakibatkan kerusakan tiang. Sedikitnya ada dua tiang listrik terpaksa harus diganti karena retak. “Dua tiang kita ganti karena retak dan hampir patah,” ungkapnya.

Jaringan listrik yang rusak itu, membuat daerah di pesisir Pantai Selatan mengalami blackout. Sejak pukul 21.00 pada Rabu (3/2) hingga Kamis sore (4/2), aliran listrik daerah itu mati total. “Listrik mulai malam hingga sore ini mati,” terang Endang, 43, salah satu warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung.(sli/abi)

Baca juga: Ini Kota Internet, Bukan Kota Santet

(bw/sli/als/JPR)

©2022 PT. JawaPos Group Multimedia