Situasi Kondusif, Personel Polresta Ditarik dari Perbatasan Banyuwangi-Jember

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Konflik yang terjadi antara warga Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember dengan masyarakat Kalibaru berangsur-angsur reda. Para personel Polresta yang diterjunkan ke perbatasan Kabupaten Jember–Banyuwangi akhirnya ditarik, Selasa (9/8).

Kabagops Kompol Agus Setyabudi menegaskan, ketegangan antarwarga Silo dan Kalibaru berangsur normal. Saat ini beberapa warga Kalibaru diamankan Polres Jember. ”Alhamdulillah, sudah mereda. Masyarakat Kalibaru bisa meredam amarah,” kata Agung.

Melihat situasi yang sudah normal, seluruh personel yang menjaga perbatasan ditarik kembali ke Mako Polresta Banyuwangi. Meski begitu, untuk memastikan kamtibmas di wilayah Kecamatan Kalibaru masih tetap dilakukan pengamanan oleh personel Rayon Kalibaru. ”Tetap dijaga, namun ditekel oleh Rayon Kalibaru. Personel Polsek Kalibaru tetap standby. Setiap ada perkembangan akan dilaporkan ke Polresta Banyuwangi,” terang Agung.

Baca Juga :  Dua Desa Diterjang Puting Beliung

Untuk mengantisipasi terjadinya konflik di wilayah perkebunan, personel Polsek akan meningkatkan patroli rutin. Harapannya agar tidak ada aksi lagi yang bisa memicu terjadinya konflik. ”Terkait tindakan pidana, kita serahkan penuh ke Polres Jember. Polresta Banyuwangi sifatnya hanya back up keamanan agar tidak timbul konflik kembali,” ungkapnya.

Agung menegaskan, meski pemicu terjadinya konflik dilakukan oleh warga Jember, pihaknya tidak membenarkan aksi yang dilakukan oleh masyarakat Kalibaru. ”Kita tidak membenarkan aksi pidana yang dilakukan warga Jember. Harusnya tetap menempuh jalur hukum jika memang adanya perbuatan pidana yang menjadi pemicu terjadinya konflik,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, selain Polda Jawa Timur yang mengerahkan puluhan personel Brimob, Polresta Banyuwangi juga menerjunkan tim khusus (timsus) Macan Blambangan. Tim andalan Polresta Banyuwangi diterjunkan untuk mengantisipasi adanya aksi susulan warga Kalibaru yang melakukan aksi teror di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Timsus Macan Blambangan mambawa misi meredam aksi anarkis yang dilakukan warga Kalibaru.

Baca Juga :  Buruh Bumisari Hadang Perebut Lahan Perkebunan

Selain menerjunkan timsus, Polresta Banyuwangi juga menjaga ketat keamanan wilayah Kecamatan Kalibaru. Penjagaan ini untuk mengantisipasi aksi balasan yang dilakukan warga Silo, Jember. (rio/aif/c1)