Angin Kencang Diramal Masih Melanda Banyuwangi

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Badan Meteorologi, Klimatoligi, dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi memprediksi angin kencang masih terjadi hingga dua hari mendatang. Masyarakat harus mewaspadai munculnya cuaca ekstrem. ”Kecepatan angin mencapai 25 knot, hampir tiga kali lipat kecepatan angin pada hari-hari sebelumnya,” ujar Agung Purbawa, prakirawan BMKG Banyuwangi.

Angin kencang yang melanda wilayah Banyuwangi diakibatkan siklon tropis. Sebagian wilayah mengalami tekanan rendah sehingga angin berembus dari arah timur laut. ”Angin kencang terjadi hingga dua hari ke depan pada pagi hingga sore hari. Saat malam hari akan terjadi penurunan,” katanya.

Angin kencang berpotensi menimbulkan gelombang tinggi. Untuk perairan Banyuwangi selatan, ketinggian gelombang bisa mencapai 3,5 meter. ”Gelombang tinggi akibat angin kencang patut diwaspadai oleh para nelayan,” ungkapnya.

Agung menambahkan, masyarakat juga harus waspada dengan pohon tumbang. Dia meminta agar warga tidak berteduh di bawah pohon karena sewaktu-waktu bisa tertimpa pohon tumbang. ”Semuanya harus tetap mewaspadai adanya bencana alam serta pohon tumbang,” pesan Agung. (rio/aif/c1)