BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Pelantikan pengurus Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Pengurus Daerah Kabupaten Banyuwangi periode 2021-2024 berlangsung khidmat pada Selasa (24/5) di Hall Kokoon Hotel Banyuwangi. Sejumlah mitra hadir dalam prosesi pelantikan yang dilakukan oleh Ketua Pengda IPPAT Banyuwangi Zulham Efendi SH, M.Kn ini, diantaranya Kapolresta Banyuwangi Kapolresta AKBP Deddy Foury Millewa, S.H, S.I.K, M.I.K, Kepala Badan Pedapatan Daerah (Bapenda) Sih Wahyudi, perwakilan BPN, serta perwakilan KPP Pratama.

Ketua panitia pelantikan pengurus IPPAT Villya Sandra Dewi, SH, M.Kn mengatakan, pelantikan yang dikemas dengan halalbihalal ini diikuti oleh pengurus dan anggota IPPAT Banyuwangi. Pelantikan pengurus ini merupakan amanat AD/ART IPPAT yang sebelumnya telah melantik Ketua Pengda IPPAT Banyuwangi Zulham Efendi SH, M.Kn di Surabaya pada 2021 lalu. “Alhamdulillah, hari ini pengurus IPPAT Pengda Banyuwangi periode 2021-2024 telah dilantik. Semoga kita bisa segera bersinergi dengan berbagai instansi,” ujar Villya.

Kapolresta Banyuwangi Kapolresta AKBP Deddy Foury Millewa dalam sambutannya mengatakan, di era sekarang yang begitu pesat, pertanahan merupakan hal yang sangat strategis dan sensitif, yang memerlukan penanganan sangat serius, memiliki kepastian, ketegasan sekaligus kearifan. “Sehingga keberadaan notaris memiliki peran yang sangat luar biasa, apalagi pertumbuhan ekonomi makro Kabupaten Banyuwnagi sedang tumbuh begitu pesat. Kami berharap, kepengurusan baru IPPAT menjaga kepercayaan, loyalitas, kejujuran dan intergritas dalam bekerja,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Pedapatan Daerah (Bapenda) Sih Wahyudi berharap kepada pengurus yang dilantik untuk tetap bersama-sama satu misi membangun Banyuwangi. Kerjasama yang sudah terjalin harus tetap dijaga. Dikatakan, setiap tahun Bapenda memiliki target Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Dan ditahun 2021 target BPHTB sebesar Rp 35 miliar tercapai lebih dari Rp 49 miliar. “Tahun 2022 target BPHTB Rp 40 miliar, sementara posisi di bulan Mei ini sudah tercapai Rp 12 miliar. Kami optimistis dengan sinergi bersama IPPAT target ini akan tercapai, bahkan lebih,” kata Sih kemarin.

KOMPAK SINERGI: Pengurus IPPAT foto bersama Kapolresta AKBP Deddy Foury Millewa, Kepala Bapenda Sih Wahyudi, perwakilan BPN, perwakilan KPP Pratama. (Ramada Kusuma/RaBa)

Ketua Pengda IPPAT Banyuwangi Zulham Efendi SH, M.Kn mengatakan, pengurus IPPAT Banyuwangi akan menjalankan tugas dengan maksimal dan mengedepankan prinsip kehati–hatian dalam membuat suatu akta, khususnya dalam pembuatan akta tanah yang ada di Kabupaten Banyuwangi. “Tentunya juga kami akan saling bekerja sama dengan pihak Pemkab dan BPN. Harapan kami usai dilantik pengurus harus solid dan menjadi perekat dan penguat program kerja yang hebat. Dan terima kasih kepada rekan semua yang telah berkenan bergabung dengan tulus, ikhlas tanpa beban, karena jabatan pengurus itu adalah pengabdian,” pungkasnya. (*)