Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Banyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Panser Anoa Siaga di Taman Blambangan

21 Oktober 2021, 10: 14: 48 WIB | editor : Bayu Saksono

Panser Anoa Siaga di Taman Blambangan

PARKIR DEKAT KODIM: Kendaraan lapis baja milik Yonif Mekanis 516/Branjangan siaga di sekitar Taman Blambangan kemarin. (Ramada Kusuma/RaBa)

Share this      

BANYUWAGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi - Pengamanan kunjungan Wapres Ma’ruf Amin hari ini dipersiapkan secara berlapis oleh personel TNI dan Polri. Sejak Selasa kemarin (19/10), kendaraan lapis baja milik Yonif Mekanis 516/Branjangan bersiaga di sekitar Taman Blambangan.

Pengamanan juga dilakukan di beberapa tempat yang akan dikunjungi Wapres. Mulai Stadion Diponegoro, area sekitar Mal Pelayanan Publik (MPP), Bandara Banyuwangi, dan sekitar Rumah Kreatif, Jalan Ahmad Yani. Anggota TNI dan Polri dari beberapa kesatuan di Jawa Timur tampak berjaga-jaga di lokasi tersebut.

Dari Polri ada personel Jibom dari Brimob Polda Jatim. Sedangkan dari unsur TNI ada beberapa Batalyon Infanteri seperti Yonif 527/Baladibya Yudha Lumajang, Yonif 512/Quratara Yudha Malang, dan Yonis 516/Caraka Yudha Surabaya.

Baca juga: Saber Pungli Jatim Monitoring ke Banyuwangi

Dari informasi yang diperoleh Jawa Pos Radar Banyuwangi, pucuk pimpinan Kodim di wilayah Tapal Kuda, mulai Jember, Bondowoso, dan Situbondo ikut mengerahkan personel. Ada juga tim dari Paskhas TNI AU yang standby di area bandara. Termasuk dari Detasemen Polisi Militer. Total, ada 3.620 personel yang terlibat dalam pengamanan kunjungan Wapres  tersebut. Rinciannya 2.214 personel dari TNI, 1.104 dari Polri, dan 302 personel dari Pemkab Banyuwangi.

Persiapan pengamanan mengubah visual rutinitas di tengah wilayah kota Banyuwangi. Di sudut-sudut kota, tampak anggota TNI berseragam menempati pos masing-masing. Di sekitar Taman Blambangan, panser Anoa menjadi sasaran foto anak-anak dan warga yang sedang jogging. Bahkan, ada yang mencoba naik kendaraan tempur lapis baja itu.

Sementara itu, apel persiapan pengamanan kunjungan Wapres digelar di Taman Blambangan. Apel dipimpin langsung oleh Danrem 083/ Baladhika Jaya Kolonel (Inf) Irwan Subekti. Apel pasukan diikuti personel Kodim 0825 Banyuwangi, Lanal, Polresta, Kavaleri, Yonif 500/R, Lanal, Yonif 527/BY, Zipur 5, Yonif 516, Brimob Polda Jatim, Damkar, Dishub, dan Satpol PP.

Gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan pasukan, baik secara perorangan maupun satuan sesuai prosedur tetap (protap) VVIP. Harapannya, dalam pelaksanaan pengamanan nanti tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur. ”Apel ini sebagai koordinasi antarunsur agar tidak terjadi kesalahan di lapangan,” ujar Danrem Irwan Subekti.

(bw/fre/rbs/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia