Sabtu, 23 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Banyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Anggota Polri Jadi Orang Tua Asuh Anak Korban Covid

19 September 2021, 09: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Anggota Polri Jadi Orang Tua Asuh Anak Korban Covid

RINGANKAN BEBAN: Kapolresta AKBP Nasrun Pasaribu didampingi Sekkab Mujiono berbincang dengan anak korban Covid-19 di Rupatama Polresta Banyuwangi kemarin. (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI – Sebanyak 384 anak di Banyuwangi kehilangan orang tuanya yang meninggal akibat Covid-19. Kondisi tersebut membuat seluruh elemen bekerja sama dalam membantu anak korban Covid-19.

Momen Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-66 kemarin (17/9) dimanfaatkan oleh Polresta Banyuwangi untuk memberikan bantuan kepada anak-anak korban Covid-19. Bantuan tersebut diberikan dengan mengangkat orang tua asuh untuk anak-anak tersebut. ”Anggota Polri  bisa menjadi pendamping, pengayom, sekaligus menjadi teman bicara atau konsultasi meringankan beban masalah,” ujar Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu.

Nasrun mengajak semua elemen masyarakat menjadi orang tua asuh serta bergotong royong peduli membangun kelangsungan hidup mereka. ”Kita berharap, semua anak-anak yang diasuh menjadi orang-orang sukses. Kita laksanakan bagaimana mereka dibimbing layaknya anak kita sendiri,” kata Nasrun.

Baca juga: Hasil Otopsi Tak Ada Unsur Kekerasan

Sekkab Banyuwangi Mujiono mengapresiasi program dari Polri tersebut. Dengan program tersebut, anak korban Covid-19 mendapatkan perhatian khusus. ”Kita bekerja sama dengan seluruh elemen terkait untuk saling membantu dalam penanganan anak korban Covid-19,” katanya.

Setidaknya ada 440 anak yang tercatat sebagai korban Covid-19. Namun, saat ini yang sudah mendapatkan surat kematian Covid-19 baru 350 anak. Sisanya akan diberikan surat keterangan kematian oleh Dispendukcapil. ”Dengan surat kematian Covid-19 mereka memiliki kekuatan hukum. Dengan kekuatan hukum tersebut, mereka akan mendapatkan kebutuhan dasar seperti pendidikan dan kesehatan kepada semuanya,” terang Mujiono. 

(bw/rio/aif/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia