Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Tugas Selesai, 11 Bintara Otsus Pulang ke Papua

22 Oktober 2021, 14: 25: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

Tugas Selesai, 11 Bintara Otsus Pulang ke Papua

TUGAS SELESAI: Bintara Otsus Papua kemarin (20/10) menuntaskan tugasnya di Banyuwangi. (0825 Banyuwangi For RaBa)

Share this      

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi –  Sebelas anggota TNI AD Abituren Dikjurba Otsus (Pendidikan Kejuruan Bintara Otonomi Khusus) kemarin (20/10) akhirnya menuntaskan tugasnya selama dua setengah bulan di Kabupaten Banyuwangi. Selanjutnya, mereka akan dikembalikan ke kesatuannya masing-masing di Rindam, sebelum nantinya ditugaskan ke wilayah.

Pelepasan ke-11 bintara itu digelar di Aula Outdoor Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution, Kodim 0825. Selama dua setengah bulan berada di Banyuwangi, para bintara itu ditempa agar menjadi prajurit teritorial yang profesional.

Sebab, selain mengabdi sebagai aparat pertahanan, para bintara itu juga menjadi penghubung antara masyarakat dengan TNI AD yang sangat menentukan keberhasilan tugas pokok di TNI Angkatan Darat. Di samping itu, seorang Bintara juga dituntut memiliki kemampuan teritorial di lapangan.

Baca juga: Aston Hotel Promo Tea Time, Dimsum Festive

”Selama berada di Banyuwangi, mereka diajak untuk mempelajari aktivitas masyarakat di teritorial. Bagaimana mereka menguasai pola kepemimpinan di lapangan dan memiliki kemampuan teknis teritorial yang dekat dengan masyarakat,” kata Dandim 0825 Letkol Inf Yuli Eko Purwanto.

Selama di Banyuwangi para bintara itu diajak untuk mempelajari beberapa hal, terutama tentang cara bergaul di tengah masyarakat. Termasuk program-program yang berkaitan dengan penanggulangan Covid-19, mulai dari sosialisasi sampai vaksinasi. Meski tak turun langsung, para bintara itu bisa mengamati langsung proses di lapangan.

”Setelah dari Banyuwangi, kita harap para bintara tetap meningkatkan kemampuan fisik untuk mendukung pelaksanaan tugas di kesatuan. Ilmu yang didapat di Banyuwangi juga bisa menjadi modal untuk diterapkan di lingkungan dan masyarakat di sekitar untuk melaksanakan tugas teritorial,” ujar Dandim Eko.

Salah satu anggota Bintara Otsus, Serda Luther Oktavianus Way, 23, mengatakan, sebagai calon Babinsa, dirinya ingin bisa menyerap banyak ilmu ketika mendapatkan kesempatan untuk belajar di Banyuwangi. Salah satu hal yang menurutnya menarik di Banyuwangi adalah pergerakan UMKM. Pria asal Sorong itu pun berharap bisa mengembangkan UMKM di tempatnya bertugas nanti. ”Salah satu yang saya tertarik warung makanan. Lalapan tepatnya, sepertinya bisa dikembangkan,” pungkasnya. 

(bw/fre/rbs/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia