Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Wisuda 166 Mahasiswa, LLDIKTI Titip Pesan 4C

17 Oktober 2021, 16: 00: 53 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Wisuda 166 Mahasiswa, LLDIKTI Titip Pesan 4C

SAKRAL: Rektor Uniba DR H Sadi, MM saat memindahkan tali toga wisudawati, pada Sabtu (15/10) di Hall Aston Banyuwangi. (toha/radarbanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI-Universitas PGRI Banyuwangi (Uniba) mewisuda 166 mahasiswa dari 6 fakultas pada Sabtu, (15/10) di Hall Aston Banyuwangi. Ratusan wisuda yang dibagi menjadi gelombang ini menjalani protokol kesehatan yang sangat ketat.

Dalam kesempatan itu, Kepala Wilayah VII LLDIKTI Prof DR Ir Suprapto, DEA yang hadir secara virtual memberikan pesan khusus terhadap para wisudawan. Menurut Suprapto, menjadi mahasiswa adalah fase di mana dirinya tidak lama lagi akan dihadapkan dengan dunia kerja. Oleh karena itu, untuk menyambut pengalaman tersebut, mahasiswa tidak hanya mengandalkan teori-teori yang dipelajari selama di bangku perkuliahan saja, melainkan harus menyeimbangkan antara soft skills dan hard skills.

Sehingga, di sela-sela mahasiswa menempuh pendidikannya, hal tersebut juga dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan lain yang mendukung dirinya saat telah lulus nanti.

Baca juga: Pernikahan Siri Dapat KK Bisa Memicu Perkara Baru

Wisuda 166 Mahasiswa, LLDIKTI Titip Pesan 4C

MOMEN ISTIMEWA: Wisudawan/wisudawati terbaik berfoto bersama Rektor Uniba DR H Sadi, MM, serta senat usai prosesi wisuda. (toha/radarbanyuwangi.id)

Soft skills sendiri adalah keterampilan yang berhubungan dengan kepribadian seseorang untuk mendukung pekerjaan serta hubungan interpersonal saat dirinya berada di lingkungan kerja.

Suprapto merinci, setidaknya mahasiswa harus memiliki 4 C, yakni Critical  Thinking, Creativity, Communication dan Collaboration. "Minimal 4C ini harus dimiliki oleh mahasiswa agar mampu bersaing di dunia kerja nyata. Mudah-mudahan sukses untuk para wisudawan," ujar Suprapto.

Sementara itu Rektor Uniba DR H Sadi, MM menambahkan, para wisudawan yang telah menyelesaikan studinya agar segera mengaplikasikan dan mengembangkan disiplin ilmu yang telah didapat dan secara berkelanjutan terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan sejalan dengan perkembangan di bidang keilmuannya sehingga ke depan akan tercipta tenaga-tenaga yang profesional, handal, dan berdaya saing.

“Kepada para wisudawan saya berharap semoga apa yang telah saudara peroleh selama menempuh pendidikan dapat menjadi motivasi dan semangat dalam menjalankan tugas yang lebih baik lagi dalam memberi pelayanan kepada masyarakat luas serta mengabdikan diri. Kami yakin saudara akan berkarya di berbagai bidang. Kami yakin saudara menjadi agen perubahan dan memberi warna pada bidang keahlian dan profesinya masing-masing," pungkasnya. (*)

(bw/aif/ics/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia