Selasa, 23 Apr 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi
SMK PGRI 1 Giri

Ujian Berbasis Android Pertama di Banyuwangi

28 Februari 2019, 19: 37: 12 WIB | editor : Bayu Saksono

APRESIASI: Kacabdinprov Jatim Istu Handono mempraktikkan langsung ujian berbasis android di SMK PGRI 1 Giri.

APRESIASI: Kacabdinprov Jatim Istu Handono mempraktikkan langsung ujian berbasis android di SMK PGRI 1 Giri. (GERDA SUKARNO/RABA)

GADGET atau lebih dikenal dengan handphone bukanlah momok di mata Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Giri. Di tangan yang penuh ide kreatif, gadget juga bisa dimanfaatkan di lingkungan sekolah.

Kemarin (26/2), SMK Grisawangi melaksanakan ujian berbasis Android. Kelas XII yang sedang menempuh ujian sekolah semester cukup menenteng gadget-nya masing-masing menuju ruang ujian.

Soal yang diujikan ada dua jenis. Yang pertama adalah pilihan ganda dan esai. Siswa hanya perlu menginstal aplikasi Exam Browser melalui aplikasi Playstore, yang nantinya terkoneksi dengan G-Learning di sekolah. Selanjutnya, peserta tinggal memasukkan username dan password sesuai dengan nomor peserta. Mereka langsung bisa mengerjakan soal.

KOMPAK: Kepala SMK PGRI 1 Giri bersama jajaran manajemen sekolah.

KOMPAK: Kepala SMK PGRI 1 Giri bersama jajaran manajemen sekolah. (GERDA SUKARNO/RABA)

Menurut Kepala SMK Grisawangi Achmad Soedarto, G-Learning memiliki berbagai keunggulan. Semisal, walau siswa menggunakan gadget saat ujian, mereka tidak bisa mengakses aplikasi lain selain G-Learning. Juga, karena server dan bank data sudah ada di sekolah, maka cukup menggunakan akses Wi-Fi yang tersedia di ruangan ujian. ”Tidak ada kendala trafik data atau delay saat mengakses,” tegas Soedarto. Masih menurutnya, siswa juga tidak terbebani dengan pulsa atau paket data untuk mengakses soal.

PAPERLESS: Siswi SMK PGRI 1 Giri cukup melihat soal melalui layar gadget masing-masing.

PAPERLESS: Siswi SMK PGRI 1 Giri cukup melihat soal melalui layar gadget masing-masing. (GERDA SUKARNO/RABA)

Pada waktu bersamaan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Kacabdinprov Jatim) Wilayah Banyuwangi Istu Handono sangat mengapresiasi terobosan SMK Grisawangi. ”Hal ini menjadi pelopor ujian berbasis Android yang pertama di Banyuwangi,” kesan Istu.

Dengan begitu handphone lebih memiliki fungsi edukasi, tidak sekadar kebutuhan hiburan dan gaya hidup saja.

HARAP TENANG: Suasana ruang ujian semester sekolah untuk kelas XII SMK PGRI 1 Giri.

HARAP TENANG: Suasana ruang ujian semester sekolah untuk kelas XII SMK PGRI 1 Giri. (GERDA SUKARNO/RABA)

Selain program G-Learning untuk ujian, SMK Grisawangi memiliki G-library dan G-Book. Dengan demikian, gadget lebih berfungsi maksimal untuk kelangsungan belajar mengajar. Guru bisa memberikan materi pembelajaran dan materi tugas untuk murid yang sedang Praktik Kerja Industri (Prakerin). 

SMK Grisawangi juga telah bekerja sama dengan negara Jepang untuk On Job Training (OJT) dengan mengirimkan 9 siswanya. Mereka akan magang di berbagai aspek industri di Jepang selama setahun. Rencana pemberangkatan dilaksanakan setelah UNBK pada bulan April mendatang.

(bw/jpr/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia