Minggu, 17 Feb 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Finance

Undang Janger, BI Sosialisasi Bantuan Non Tunai di Gesibu Blambangan

15 Januari 2019, 06: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Undang Janger, BI Sosialisasi Bantuan Non Tunai di Gesibu Blambangan

BANYUWANGI – Gelanggang Seni Budaya (Gesibu) Banyuwangi Sabtu malam (12/1) meriah. Ribuan pasang mata menyaksikan Pagelaran janger. Berbeda dengan janger biasanya, pertunjukan kesenian ini merupakan  bentuk  sosialisasi bantuan non tunai yang dilakukan Bank Indonesia, OJK, dan Lembaga Penjamin Keuangan kepada masyarakat.

Dari jajaran Pemerintah Banyuwangi, sejumlah perwakilan SKPD tampak hadir, di antaranya Kepala Dinas Sosial Edy Supriyono, sekretaris Bappeda Amir Hidayat, sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Choliqul Ridho. Menariknya penonton yang hadir tidak hanya disuguhi hiburan, mereka juga berkesempatan mendapatkan sejumlah hadiah yang disediakan panitia.

Deputi Kepala Perwakilan BI Jawa Timur, Yudi Harimukti menyampaikan perubahan penyaluran bantuan sosial dari tunai menjadi non tunai ini memiliki banyak  manfaat. Dia menjelaskan bantuan non tunai ini justru bisa memastikan jumlah yang tersalurkan utuh serta tepat sasaran. Di samping itu, secara administrasi juga semakin mudah . ‘’Ini tepat waktu, tepat sasaran ketiga tepat jumlah, tepat kualitas, tepat administrasi,” jelasnya.

Sementara itu, sosialisasi ini sengaja disampaikan melalui media seni pertunjukan Janger Kharisma Dewata. Penggunaan media seni tradisi ini disengaja agar lebih mudah menjangkau masyarakat. Dalam sosialisasi ini, diharapkan masyarakat memahami mekanisme baik pengajuan maupun pengurusan bantuan non tunai. ‘’Malam ini kita angkat sosialisasi dengan kearifan lokal,” terangnya.

Sementara itu, sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Banyuwangi Amir Hidayat menyebutkan pihaknya menyampaikan apresiasi Bupati Abdullah Azwar Anas terkait sosialisasi berbasis kesenian ini.  Amir menyebutkan, apresiasi pemerintah terhadap langkah yang diambil BI dalam perhatiannya kepada sektor menengah ke bawah. Tidak hanay sector menengah ke atas. ‘’Ini luar biasa, Bank Indonesia memberikan atensi yang besar bantuan sosial,” ucapnya.

Nantinya, bantuan sosial non tunai ini akan semakin memudahkan masyarakat penerima bantuan dalam mengakses bantuan. ‘’Ini semakin mudah, semakin tepat,” jelasnya.

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia