Selasa, 23 Apr 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Events

Datangkan Juri dari Singapura, Pecinta Koi Gelar Show

14 Januari 2019, 06: 45: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

KONTES IKAN KOI: Para Juri saat menilai ikan-ikan koi di Gedung Wanita Paramita Kencana Banyuwangi Sabtu (12/1).

KONTES IKAN KOI: Para Juri saat menilai ikan-ikan koi di Gedung Wanita Paramita Kencana Banyuwangi Sabtu (12/1). (FACHRI FOR JAWAPOS.COM)

BANYUWANGI – Sebanyak 83 pemilik Ikan Koi mengikuti Blambangan Koi’s Show di Gedung Wanita Paramita Kencana Banyuwangi, yang dihelat dari 10-13 januari. Para peserta berasal dari komunitas pecinta koi yang berasal dari Banyuwangi, Jember, Malang, hingga Jakarta.

Lomba tersebut melibatkan 260 ekor ikan koi yang terdiri dari berbagai jenis dan ukuran. Ukurannya mulai dari 15 cm sampai 45 cm dan juri berasal dari Jakarta hinga Singapura.

Presiden KOI’S Indonesia, Slamet Kurniawan mengatakan, potensi koi di Indonesia sudah tercatat menjadi yang ke dua setelah Jepang dan Banyuwangi merupakan pangsa yang besar untuk ikan koi. “Kriteria penilaian kontes ikan koi ini dilihat dari berbagai aspek mulai warna, ukuran, kualitas kulit, corak dan lain sebagainya. Ikan koi yang berkualitas tentunya tidak dipelihara secara sembarangan, terutama makanan yang sangat diperhatikan dengan baik,” ujar Slamet.

Kepala Bidang Budiaya Perikanan Suryono Bintang Samudra menilai, budi daya ikan koi memiliki potensi dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Mengingat potensi budidaya ikan hias banyuwangi sangat luar biasa dan peminatnya dari tahun ke tahun bertambah banyak sehingga berpengaruh dalam pendapatan petani Koi pada umummnya. Blambangan Koi’s Show merupakan masuk kalender event Banyuwangi 2019. Suryono juga berharap kedepannya dengan sering diselengaranya koi show, koi Banyuwangi tidak hanya berjaya dalam negeri saja melainkan dapat memenuhi kebutuhan ekspor. (*)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia