Jumat, 18 Jan 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Ekonomi Bisnis

Baru Dua Minggu Terbangi Banyuwangi, Batik Air Stop Beroperasi

08 Januari 2019, 07: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

ISTIRAHAT: Pesawat milik Batik Air saat lepas landas di bandara Banyuwangi jelang pergantian tahun 2018 ke 2019 lalu.

ISTIRAHAT: Pesawat milik Batik Air saat lepas landas di bandara Banyuwangi jelang pergantian tahun 2018 ke 2019 lalu. (Shulhan Hadi/RaBa)

BLIMBINGSARI – Baru beroperasi selama dua minggu tepatnya sejak 19 Desember 2018 lalu, Maskapai Batik Air saat ini sudah tidak lagi menerbangi langit Banyuwangi. Keputusan resmi ini berlaku sejak hari ini.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat yang ditandatangani Station Manager Batik Air, Fajar Apriawan. Dalam surat tersebut dijelaskan pembatalan penerbangan ini karena alasan komersial.

Padahal kehadiran maskapai ini mendapat sambutan antusias dari warga Banyuwangi. Pendaratan pertama pesawat Batik Air bersamaan dengan pembukaan terminal internasional jurusan Kuala Lumpur.

Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Kusiyadi melalui Sekretaris Dinas, Ali Ruchi mengungkapkan, pembatalan ini merupakan hal biasa. Terlebih pada bulan Januari ini merupakan momen kunjungan wisata berkurang atau lebih sering disebut low season, dan berlaku di semua tempat tidak hanya di Banyuwangi.. ‘’Januari ini kan low season semua daerah,” jelasnya.

Ali mengungkapkan, dalam beberapa kesempatan untuk efektifitas operasional pesawat, biasanya maskapai akan melakukan perubahan atau pengurangan frekuensi menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. ‘’Hampir semua airlines mengurangi frekuensi,” ungkap Ali.

Dia juga meminta kondisi ini tidak disikapi berlebihan. Dalam dunia penerbangan fenomena ini sangat biasa dan bisa terjadi terhadap maskapai mana pun.

Sementara itu, Area Manager Surabaya Lion Air Dyfi Suciyanti menegaskan langkah yang diambil bukan penutupan penutupan rute ke Banyuwangi. Melainkan pembatalan jadwal penerbangan untuk sementara waktu. Dia membenarkan jika hal ini dipicu low season dan terjadi di banyak tempat. Selain di Banyuwangi, langkah ini juga dilakukan di beberapa tempat yakni Surabaya dan Jakarta. ’’ Bukan penutupan namun sementara waktu tidak beroperasi,” terangnya.

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia