Jumat, 18 Jan 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Genteng

Dishub Banyuwangi Cluring Waterpark Tak Kantongi Andalalin

03 Januari 2019, 09: 35: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

LENGANG: Lokasi wisata Cluring Waterpark di Desa/Kecamatan Cluring terlihat sepi setelah sehari sebelumnya menjadi penyebab jalan mecet, kemarin (2/1).

LENGANG: Lokasi wisata Cluring Waterpark di Desa/Kecamatan Cluring terlihat sepi setelah sehari sebelumnya menjadi penyebab jalan mecet, kemarin (2/1). (KRIDA HERBAYU/JAWAPOS.COM)

CLURING-Lokasi wisata Cluring Waterpark di Desa/Kecamatan Cluring yang sempat membuat arus lalu lintas di jalur utama Banyuwangi-Jember macet total saat perayaan tahun baru, Selasa (1/1), diduga belum mengantongi surat izin analisis dampak lalu lintas (andalalin).

Kepala Seksi (Kasi) Rekayasa dan Sarana Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi, Tanto Sujono mengatakan berdasarkan Undang-undang (UU) nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), pada pasal 1 angka 2, menyatakan lalu lintas adalah gerak kendaraan dan orang di ruang lalin. “Pembangunan atau pengembangan properti, baik itu perumahan, pusat perbelanjaan, apartemen, dan sebagainya (tempat wisata) berkaitan erat dengan kinerja lalu lintas,” katanya.

Dan itu, terang dia, ada pergerakan arus lalu lintas yang keluar dan masuk di kawasan properti itu. “Mobilitas penghuni kawasan properti akan berpengaruh pada tingkat pelayanan jaringan jalan di sekitarnya, oleh karena itu perlu dilakukan analisa dampak lalu lintas (andalalin),” ujarnya.

Tanto menyebut lokasi wisata Cluring Waterpark itu sangat dekat dengan jalan raya. Tapi hingga kini pengelola belum pernah mengurus izin terkait andalalin. “Cluring Waterpark tidak memilik izin andalalin,” sebutnya.

Terkait dengan membludaknya pengunjung yang mengganggu arus lalu lintas, Dishub Banyuwangi akan memberi surat peringatan kepada pengelola wisata tersebut. “Kami akan beri surat peringatan terkait kepengurusan andalalin yang belum dilengkapi oleh pengelola,” paparnya.

Semetara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi (DLH) Khusnul Chotimah saat dikonfirmasi secara terpisah mengatakan surat izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) kolam pemandian Cluring Waterpark di Desa/Kecamatan Cluring itu sudah dilengkapi. “Untuk amdal sudah lengkap,” cetusnya.

Pengelola Cluring Water Park, Bambang saat dihubungi melalui ponselnya mengaku sudah mengurus semua izin mulai dari amdal hingga amdalalin. “Saya sudah melengkapi semua surat-surat tersebut,” katanya.

Saat disinggung mengenai membudaknya pengunjung, ia mengaku itu diluar kendali pengelola. Pada Selasa (1/1), pihaknya sudah melakukan penutupan area parkir mulai pukul 11.00, dan tidak lagi menjual tiket karena lokasi wisata sudah penuh. “Setelah jalan terlihat padat dan macet, kami berkoordinasi dengan Polsek Cluring dan segera menutup area parker,” dalihnya.(kri/abi)

(bw/kri/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia