Selasa, 23 Apr 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Helm di Parkiran Dinkes Lenyap, Aksi Pencurian Terekam CCTV

17 Desember 2018, 14: 10: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BARANG BUKTI: Penyidik pidum menunjukkan perangkat komputer yang diduga dicuri tersangka, Selasa (11/12).

BARANG BUKTI: Penyidik pidum menunjukkan perangkat komputer yang diduga dicuri tersangka, Selasa (11/12). (Dedy Jumhardiyanto/RaBa)

BANYUWANGI – Parkiran kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi belum steril dari ulah penjahat. Belum lama ini, helm milik pegawai Dinkes hilang diembat pencuri.

Untungnya, aksi pencurian itu terekam kamera CCTV.  Tak sampai sepekan, pelaku berhasil diamankan anggota Resmob Polres Banyuwangi. Pelaku ditangkap Senin (10/12)  pukul 23.00 setelah rekaman CCTV tersebut viral di medsos. Dia adalah Hera Deliye, 36, warga Jalan Doho Nomor 39, Lingkungan Tamansari, Kelurahan Tamanbaru.

Pengungkapan kasus pencurian helm tersebut bermula adanya pesan berantai WhatsApp berisi video rekaman CCTV berdurasi 1 menit 55 detik. Dalam video rekaman CCTV yang terpasang di parkiran kantor Dinkes itu, jelas terlihat siapa pelakunya.

Pada pukul 20.19 seorang tak dikenal dengan mengendarai motor Honda Spacy dengan nomor polisi P 5055 ZI masuk ke parkiran kantor Dinkes. Pengendara tersebut masuk dan menghentikan motornya di parkiran. Selanjutnya, orang tak dikenal yang mengenakan helm teropong tersebut mengambil helm yang menggantung di motor yang bersebelahan dengan kendaraannya.

Dengan tergopoh-gopoh, pelaku meninggalkan lokasi parkiran. Mengetahui rekaman CCTV tersebut, anggota Resmob yang menerima laporan dari Yeni, 28, salah seorang karyawan Dinkes langsung melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap orang yang diduga pelaku.

Saat dilakukan penggeledahan, di dalam rumah terlapor ditemukan motor Honda Spacy bernomor polisi P 5055 ZI yang sesuai atau identik dengan sarana yang digunakan orang yang mencuri di parkiran Dinkes tersebut. ”Anggota kami telah melakukan penangkapan dan saat ini masih kami kembangkan,” ungkap Kasat Reskrim AKP Panji Pratistha Wijaya.

Dari hasil pengembangan anggota Resmob, diperoleh informasi jika pelaku juga pernah melakukan pencurian televisi serta sebuah laptop dan komputer di Puskesmas Gitik. Bahkan, polisi juga telah menyita satu set perangkat komputer sebagai barang bukti.

Dari hasil penyelidikan di lapangan menyebutkan, sebelum pindah alamat di Kelurahan Tamanbaru, pelaku sempat bertempat tinggal di Desa Gitik, Kecamatan Rogojampi. Wanita tersebut juga melakukan serangkaian tindak pidana kejahatan pencurian.

Pelaku kini dijebloskan ke rumah tahanan  Mapolres Banyuwangi. ”Kami masih selidiki dan kembangkan jika ada kemungkinan tersangka ini melakukan tindak pidana pencurian di tempat kejadian perkara (TKP) lainnya,” ujar Panji Pratistha.

(bw/ddy/aif/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia