Selasa, 18 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Cuaca Buruk, Pesawat Garuda Gagal Landing di Bandarwangi

30 November 2018, 21: 05: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

HUJAN DERAS: Personel TNI dan Polisi berteduh di teras pos Polisi Bandara Banyuwangi saat hujan lebat mengguyur area Bandara Banyuwangi

HUJAN DERAS: Personel TNI dan Polisi berteduh di teras pos Polisi Bandara Banyuwangi saat hujan lebat mengguyur area Bandara Banyuwangi (Shulhan Hadi/RaBa)

BLIMBINGSARI – Pesawat Garuda ATR 72-600 rute Surabaya-Banyuwangi, Rabu (28/11) gagal landing di Bandara Banyuwangi. Penyebabnya, cuaca buruk akibat hujan deras mengguyur Kecamatan Blimbingsari dan sekitarnya.

Sesuai jadwal, pesawat Garuda dari Juanda Surabaya, itu akan landing sekitar pukul 12.45 di Bandara Banyuwangi. Namun karena cuaca buruk dan jarak pandang yang terbatas, maka pendaratan dibatalkan dan memilih kembali ke Bandara Juanda, Surabaya. ”Karena cuaca buruk di Banyuwangi, pesawat kembali lagi ke Juanda Surabaya,” ujar Samsudin, Manager Sale and Service Garuda Indonesia Branch Office Banyuwangi.

Manager Facility and Maintenance Bandara Banyuwangi Andry Lesmana juga membenarkan bahwa pesawat Garuda dari Surabaya tidak jadi mendarat di Bandara Banyuwangi. ”Pilot memutuskan kembali ke Bandara Juanda karena faktor cuaca buruk,” ungkap Andry.    

Keputusan pilot ini kemungkinan besar karena jarak pandang yang terbatas 300 meter. Keputusan ini diambil demi keamanan dan keselamatan penumpang. ”GA ATR cancel,” imbuh Andry.

Cuaca buruk juga mengganggu jadwal penerbangan pesawat Citilink tujuan Banyuwangi-Jakarta. Ada penundaan keberangkatan sekitar 1,5 jam karena cuaca buruk. Pesawat tujuan Bandara Soekarno-Hatta itu baru take off sekitar pukul 17.01 dari jadwal normalnya 15.45. Sejatinya pada pukul 17.01 sudah landing di Jakarta, namun kemarin pukul 17.01 baru take off dari Bandara Banyuwangi.   

Akibat pembatalan ini, sejumlah petugas penjemputan pesawat Garunda pun akhirnya mengubah jadwal. Seperti disampaikan kepala Pos Polisi Bandara Banyuwangi, Ipda Soenyoto. Awalnya pihaknya akan menjemput jajaran Polres Banyuwangi dari Surabaya, namun ternyata rencana tersebut diurungkan karena pesawat batal mendarat. ”Garuda balik kanan, ya tidak jadi menjemput,” jelasnya.

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia