Minggu, 16 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Mural Budaya, Seni Apik di Tembok Menuju Pasar

20 November 2018, 16: 50: 11 WIB | editor : Bayu Saksono

TETAP BERWARNA: Anggota Komunitas Doodle Art se-Banyuwangi bersama warga menggambari dinding yang ada di salah satu gang Dusun Krajan, Desa Kemiren.

TETAP BERWARNA: Anggota Komunitas Doodle Art se-Banyuwangi bersama warga menggambari dinding yang ada di salah satu gang Dusun Krajan, Desa Kemiren. (DOODLE ART BANYUWANGI FOR RABA)

GLAGAH – Desa adat Kemiren, Keca­matan Glagah, terus bersolek. Selain di­penuhi dengan festival-festival dan berbagai acara budaya, sejak Minggu lalu beberapa bagian dinding yang ada di desa tersebut dicat dengan gambar-gambar mural.

Berbeda dengan gambar mural yang ada di lokasi lain seperti di kampung Pulau Santen yang mengedepankan tema keragaman Indonesia, tema mural yang ada di Kemiren lebih kepada kultur masyarakat Oseng. Seperti gandrung dan para penabuh alu. Atau penumbuk padi yang sudah tergambar di salah satu gang.

Meris Kurniawan, salah seorang seniman mural penggagas gerakan sosial tersebut mengatakan, konsep besar dari gambar itu sendiri adalah memberikan penge­nalan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kemiren tentang budaya Oseng. Sebab, kata dia, tidak semua wisatawan yang hadir bisa menikmati semua kebudayaan karena keterbatasan waktu.

Nah, melalui gambar-gambar inilah, mereka bisa melihat gambaran budaya Oseng terutama yang ada di Kemiren. ”Yang menggambar teman-teman dari komunitas doodle art dan warga setempat. Rencananya ya semua tembok kosong yang ada di desa. Cuma sementara fokus di gang yang digunakan untuk pasar ini. Setiap minggu kita cat,” ujar anggota dari Bumdes Kemiren itu.

Anggota komunitas doodle art, Achmad Rizky menambahkan, aliran doodle yang digambar di Kemiren ini cukup berma­cam-macam. Karena, selain memang temanya luas, seputar kebudayaan Oseng, seniman yang ikut menggambar juga bermacam-macam. ”Ini dilakukan suka­rela saja. Jadi yang mau ikut ya silakan. In­tinya bersama-sama mewarnai Kemiren,” tandasnya.

(bw/fre/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia