Minggu, 16 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi
Gebyar Kegiatan Kemahasiswaan UT Jember

Bangun Generasi Millenial Cerdas dan Mandiri

20 November 2018, 16: 38: 51 WIB | editor : Bayu Saksono

LATIHAN: Peserta pelatihan kemahasiswaan program Bidik Misi dan CSR Universitas Terbuka Jember.

LATIHAN: Peserta pelatihan kemahasiswaan program Bidik Misi dan CSR Universitas Terbuka Jember. (UT JEMBER FOR RABA)

Universitas Terbuka (UT) memiliki karakteristik unik dilihat dari sebaran mahasiswa. Di PT lain, mahasiswa terkonsentrasi di sebuah kampus, di UT mahasiswa tersebar di 39 UT-Regional dalam negeri dan 39 pusat layanan mahasiswa luar negeri.

Ketersebaran mahasiswa inilah yang menyebabkan UT sebagai satu-satunya PT yang tidak memiliki satu wadah organisasi kemahasiswaan yang dibentuk secara melembaga oleh institusi di tingkat universitas, fakultas, maupun prodi. Sungguhpun demikian, kemandirian belajar yang menjadi kultur UT berhasil membentuk karakter pribadi mandiri mahasiswa dan menumbuhkan prakarsa dan kreativitas mahasiswa bagi tumbuhkembangnya unit-unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atas dasar bakat, minat, hobi di bidang olah raga, ekonomi, seni, akademik, dan lain-lain di sentra-sentra pokjar mahasiswa.

UKM UT adalah lembaga otonom, bukan sebagai cabang dari badan eksekutif maupun senat mahasiswa. Di UT Jember ada sejumlah UKM yang dibentuk dan diprakarsai secara mandiri oleh mahasiswa bidikmisi dan CSR seperti UKM Futsal, Mapala, Paduan Suara, Karya Tulis Ilmiah (KTI), Permata (Jurnalisme), English Club, Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI), Hadrah, dan UKM Musik.

(UT JEMBER FOR RABA)

Untuk membina kegiatan kemahasiswaan tersebut, UT Jember secara periodik melakukan kegiatan pelatihan, workshop, seminar, dan abdimas. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kreativitasnya sesuai bidang minat dan bakat masing-masing seperti halnya mahasiswa PT lain. "Kita berharap mereka dapat mewakili UT untuk berpartisipasi dalam perlombaan tingkat lokal, nasional, bahkan internasional," tegas Prof Imam, Direktur UT Jember.

Pada semester 2018/2019, UT Jember menggelar enam kegiatan pelatihan kemahasiswaan yang sesuai dengan perkembangan teknologi, ekonomi, bisnis-industri di era millenial seperti pelatihan pengembangan kewirausahaan, kecerdasan sosial, industri kreatif, personal branding, job seeking strategy, jejaring sosial dan bisnis. Akademisi, profesional dan praktisi dari berbagai bidang dihadirkan untuk menjadi narasumber. Diantaranya adalah dr. Mufti Aimah Nurul Anam, ketua KADIN dan HIPMI Jatim serta pemilik sejumlah perusahaan berskala nasional.

(UT JEMBER FOR RABA)

Saat ini, dunia berubah begitu cepat, terlebih Revolusi Industri 4.0 yang harus dihadapi oleh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda millenial. Ada tantangan dan risiko yang harus kita hadapi dan ada peluang yang harus diketahui. Untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, Generasi Muda Indonesia harus memiliki Karakter Enterpreneur sehingga memiliki kualitas dayang saing. "Risiko adalah bagian dari masa depan, dan enterpreneur sejati bukan penjudi, melainkan seorang pengambil risiko, orang yang berhitung dengan resiko, tantangan dan solusi," tandas Gus Anam di hadapan mahasiswa S1 Ekpem dan Akuntansi peserta pelatihan Job Seeking Strategy. Sementara pak Basuki di hadapan mahasiswa peserta pelatihan Pengembangan Kecerdasan Sosial juga menegaskan bahwa generasi millenial haruslah generasi yang cerdas, kreatif dan inovatif yang mampu bersaing di dunia Global yang unpredictable.

"Majulah mahasiswa UT. Jadilah generasi muda millenial yang mandiri, mampu berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional,” harap Prof. Imam menutup kata sambutannya.

(bw/jpr/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia