Minggu, 16 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Ekonomi Bisnis

Tampo Fair Jadi Ajang Promosi UMKM di Banyuwangi Selatan

20 November 2018, 17: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

GEMERLAP: Suasana malam di acara Tampo Fair yang diadakan di RTH Tampo, Desa Tampo, Kecamatan Cluring pada Rabu-Jumat (14-16/11).

GEMERLAP: Suasana malam di acara Tampo Fair yang diadakan di RTH Tampo, Desa Tampo, Kecamatan Cluring pada Rabu-Jumat (14-16/11). (IMAM ROPII FOR JPRG)

CLURING-Untuk lebih mengenalkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digeluti warganya, Pemerintah Desa Tampo, Kecamatan Cluring, menggelar Tampo Fair yang dipusatkan di lapangan desa setempat pada Rabu hingga Jumat (14-16/11).

Melalui Tampo Fair itu, seluruh pengusaha UMKM menjajakan produk unggulannya. Melalui kegiatan ini, bisa untuk menumbuhkembangkan UMKM baru. “Tampo Fair ini untuk mempromosikan produk unggulan,” cetus Sekertaris Desa Tampo, Imam Ropii.

Menurut Ropii, Tampo Fair yang digelar ini bermula kritikan dari masyarakat yang ingin ada wadah untuk menjual produk unggulan. Dari berbagai kritikanitu, pemerintah desa langsung merespons dan merencanakannya. “Dari kritikan itu muncullah ide untuk mengadakan Tampo Fair,” katanya.

Dengan arahan dari pemerintah kecamatan dan Pemkab Banyuwangi, Tampo Fair ini digelar untuk wadah warga yang yang menjadi pelaku UMKM. “Para pengusaha UMKM jualan selama tiga hari,” ujarnya.

Ternyata, masih kata dia, selama diadakannya Tampo Fair itu mendapat respons yang positif dari masyarakat. Bahkan, selama tiga hari para pengunjung Tampo Fair selalu membeludak. “Perputaran perekonomian masyarakat sangat terasa, baik secara langsung ataupun tidak langsung,” cetusnya.

Ropii berharap dengan adanya Tampo Fair itu para UMKM bisa berkembang. Bahkan, tidak mungkin akan muncul pelaku UMKM baru. Para UMKM itu ingin support dari Pemkab Banyuwangi. “Semoga dalam acara ini juga ada perusahaan besar yang mau membina dan membantu untuk pendanaan dalam UMKM yang ada di Desa Tampo, Kecamatan Cluring,” harapnya. (abi)

(bw/rio/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia