Sabtu, 23 Mar 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

Alat Peraga Kampanye Dibagikan, Pemasangan Terserah Parpol

10 November 2018, 07: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

ALAT PERAGA: Petugas Sekretariat KPU memeriksa baliho dan spanduk sebelum diserahkan pada parpol peserta Pemilu 2019 di kantor KPU, Kamis (8/11).

ALAT PERAGA: Petugas Sekretariat KPU memeriksa baliho dan spanduk sebelum diserahkan pada parpol peserta Pemilu 2019 di kantor KPU, Kamis (8/11). (Sigit Hariyadi/RaBa)

BANYUWANGI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi mulai mendistribusikan alat peraga kampanye (APK) milik seluruh peserta Pemilu 2019. Distribusi dilakukan setelah pencetakan baliho dan spanduk yang difasilitasi lembaga penyelenggara pemilu tingkat Banyuwangi tersebut tuntas dilakukan.

Jumlah total APK yang difasilitasi KPU mencapai 468 unit. Rinciannya, baliho sebanyak 180 unit sedangkan spanduk mencapai 288 unit. Masing-masing peserta pemilu, yakni 16 parpol serta dua pasangan tim kampanye Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) mendapat jatah 10 unit baliho dan 16 unit spanduk.

Pendistribusian APK ini meleset dari janji. Sebelumnya, KPU menjanjikan pendistribusian APK dilakukan paling lambat akhir Oktober tapi yang terjadi baru dibagikan pada awal November.

Komisioner KPU Banyuwangi Jamaludin mengatakan, APK yang difasilitasi KPU sudah dibagikan kepada peserta pemilu sejak Rabu (8/11). ”Namun, belum semua peserta Pemilu mengambil APK yang menjadi haknya tersebut,” ujarnya.

Menurut Jamaludin, masing-masing peserta pemilu bisa segera memasang spaduk dan baliho. ”Pemasangannya diserahkan ke masing-masing peserta pemilu. Silakan segera dipasang dengan catatan tidak dipasang di zona larangan pemasangan APK,” kata dia.

Seperti diketahui, KPU, perwakilan peserta pemilu, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah menyepakati ukuran APK yang difasilitasi lembaga penyelenggara pemilu tersebut. Rinciannya, ukuran baliho sebesar tiga kali empat meter, sedangkan spanduk berukuran 1,25 kali enam meter. Kesepakatan dicapai dalam rapat koordinasi (rakor) sinkronisasi dan pemantapan zona pemasangan APK yang digelar di kantor KPU Banyuwangi Kamis awal bulan lalu (4/10).

Ukuran APK yang disepakati seluruh perwakilan peserta Pemilu tersebut lebih kecil dibandingkan batas maksimal APK yang ditetapkan dalam Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018. Dalam peraturan itu disebutkan, ukuran baliho maksimal empat kali tujuh meter, sedangkan ukuran spanduk paling besar 1,5 kali tujuh meter.

(bw/sgt/ics/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia