Rabu, 21 Nov 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Genteng

Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah, Warga Justru Bingung

Selasa, 06 Nov 2018 13:55 | editor : Ali Sodiqin

BAU BUSUK: Bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan rumah Hariyadi di Dusun Pekiringan, Desa Sumbersari, Kecamatan Srono.

BAU BUSUK: Bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan rumah Hariyadi di Dusun Pekiringan, Desa Sumbersari, Kecamatan Srono. (Bagus Rio/RaBa)

SRONO-Warga yang tinggal di Dusun Pekiringan, Desa Sumbersari, Kecamatan Srono, digegerkan tumbuhnya bunga bangkai atau amorphophallus titanium di pekarangan rumah milik Hariyadi SH, 25, Minggu  (4/11).

Bunga yang mengeluarkan bau cukup menyengat itu, membuat warga sekitar heboh. Setiap hari ada saja warga yang datang untuk melihat bunga yang tergolong langka itu. “Saya tidak tahu, ini tiba-tiba tumbuh,” cetus Hariyadi.

Menurut Hariyadi, bunga bangkai itu tumbuh sesaat setelah turun hujan. Bunga yang kali pertama tumbuh di kampungnya itu muncul dan mekar. “Ini baru pertama, jadi banyak warga yang penasaran dan ingin melihatnya,” katanya.

Bunga bangkai itu, terang dia, tumbuh subur tanpa ada yang merawat. Bunga itu berdiameter sekitar 50 centimeter dan tinggi sekitar 70 centimeter. “Kalau didekati baunya memang sangat menyengat,” ujarnya.

Hariyadi mengaku akan membiarkan bunga itu tumbuh di pekarangannya. Ia juga tidak akan membuat pakar pelindung. Sehingga masyarakat yang penasaran bisa melihat langsung. “Ini saya biarkan, agar anak saya bisa mengenal bentuk dan bau bunga bangkai seperti apa, bisa belajar dari itu,” ungkapnya.

Untuk masyarakat sekitar yang ingin melihat bunga bangkai itu juga tidak masalah. Sebab, dirinya juga bingung bunga tersebut harus diapakan. “Saya bingung mau diapain, kalau memang mau melihat silahkan saja, yang penting tidak merusaknya,” jelasnya.

(bw/rio/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia