Rabu, 21 Nov 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Dapat Penghargaan Kemendikbud, Begini yang Dilakukan TKM Khodijah 157

TKM Khodijah 157 Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Senin, 05 Nov 2018 14:45 | editor : Ali Sodiqin

KHIDMAD: Pelaksanaan deklarasi sekolah ramah anak di TK Muslimat Khodijah 157 Rogojampi dihadiri orang tua siswa, guru, komite sekolah dan Kabid PAUD dan TK Dispendik Banyuwangi, Sunari, Sabtu (3/11).

KHIDMAD: Pelaksanaan deklarasi sekolah ramah anak di TK Muslimat Khodijah 157 Rogojampi dihadiri orang tua siswa, guru, komite sekolah dan Kabid PAUD dan TK Dispendik Banyuwangi, Sunari, Sabtu (3/11). (Dedy Jumhardiyanto/RaBa)

BANYUWANGI – Usai menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai apresiasi sekolah sahabat keluarga, TK Muslimat Khodijah 157 Rogojampi langsung menggelar deklarasi sekolah ramah anak (SRA), Sabtu (3/11).

Deklarasi SRA di TK Muslimat Khodijah 157 Rogojampi ini dirangkai dengan kegiatan Outdoor Classroom Day (OCDay), yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Konvensi Hak Anak (KHA). Selama kegiatan belajar di luar kelas itu, ada banyak aktivitas yang dilakukan, yakni mencuci tangan, makan bersama, membaca buku, dan bermain dengan mainan tradisional.

Kepala TKM Khodijah 157 Rogojampi, Faridatul Hasanah mengatakan, dengan deklarasi SRA tersebut sebagai langkah mewujudkan satuan pendidikan aman, bersih, sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, serta mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya.

Dengan deklarasi SRA itu juga mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan, dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan. “Deklarasi SRA ini momentum untuk kita meningkatkan kualitas pemenuhan hak-hak anak di sekolah,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri para dewan guru, orang tua wali murid, komite sekolah, paguyuban kelas itu juga dilaksanakan penandatanganan deklarasi SRA pada kain panjang. Para anak juga ikut membubuhkan tanda tangannya menggunakan cat warna-warni. Deklarasi SRA itu juga dihadiri Kabid PAUD dan TK Dispendik Banyuwangi, Sunari dan Satkorwildik Rogojampi, Machsun.

(bw/ddy/als/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia