Selasa, 23 Apr 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Ini Alasan Jembatan Secawan Diprediksi Bertahan hingga 50 Tahun

05 November 2018, 09: 10: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

LEBIH LEBAR: Kondisi terkini Jembatan Secawan di Desa Dadapan, Kecamatan Kabat

LEBIH LEBAR: Kondisi terkini Jembatan Secawan di Desa Dadapan, Kecamatan Kabat (Shulhan Hadi/RaBa)

KABAT – Jembatan Secawan yang ada di Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, akhirnya rampung juga. Saat ini, sebagian pekerja hanya tinggal menyelesaikan bagian-bagian kecil di jembatan penghubung jalur utama Banyuwangi Utara dan Selatan itu. Selain itu, juga ada penambahan pekerjaan di luar pembangunan utama jembatan.

Salah satu koordinator pekerja, M. Nor mengungkapkan, saat ini pengerjaan sudah selesai. Rencananya, pekan pertama November ini sudah ada penyerahan dari kontraktor kepada pihak pemilik proyek, yakni pemerintah. Bahkan, saat ini sebagian pekerja sudah mulai dipindahkan ke lokasi proyek sipil lainnya. ”Tanggal 7 besok ada penyerahan akhir,” jelasnya.

Diperkirakan, jembatan yang memiliki panjang 20,6 meter dan lebar 14 meter ini bisa bertahan hingga 50 tahun ke depan. Tidak hanya itu, daya sangga jembatan juga cukup tinggi. Yakni mencapai berat 250 ton. ”Selama tidak ada kerusakan, bisa kuat 50 tahun lebih,” terangnya.

Pasca diserahkan, menurut Nor, sudah tidak ada lagi rangkaian pengerjaan atau pengecekan. Hanya saja, mungkin setiap 10 tahun sekali dilakukan penggantian bantalan jembatan. Penggantian ini merupakan agenda rutin dalam konstruksi sipil jembatan. ”Ya, mungkin nanti hanya perlu mengganti bantalan. Itu pun kalau sudah kendur,” ucapnya.

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia