Kamis, 15 Nov 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Kesehatan

RS Al Huda Tetap Komit Beri Layanan Peserta BPJS Kesehatan

Rabu, 31 Oct 2018 19:05 | editor : Ali Sodiqin

SHARING: Direktur RSAH dr Indiati MMRS bersama jajaran Manajemen RSAH berdiskusi dengan tim Dinkes Banyuwangi dan BPJS Kesehatan Kamis lalu (25/10).

SHARING: Direktur RSAH dr Indiati MMRS bersama jajaran Manajemen RSAH berdiskusi dengan tim Dinkes Banyuwangi dan BPJS Kesehatan Kamis lalu (25/10). (RSAH For RaBa)

GAMBIRAN - RS Al Huda (RSAH) terus memperkuat sinergisitas dengan BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi. Jalinan kerja sama ini dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan.

Terbukti, dengan terselenggaranya kunjungan kredensialing fasilitas kesehatan di RS Al Huda oleh BPJS Kesehatan dan Dinkes Banyuwangi Kamis lalu (25/10).

Direktur RS Al Huda dr Indiati MMRS mengatakan, RSAH telah mempersiapkan dengan baik segala fasilitas layanan. Mulai dari sumber daya manusia (SDM), sarana, dan prasarana dalam mendukung program pemerintah layanan kesehatan semesta bagi seluruh masyarakat melalui BPJS Kesehatan.

Menurut Indiati, selain memberikan layanan dokter spesialis empat dasar seperti, penyakit dalam, spesialis anak, spesialis bedah, dan spesialis kandungan, RSAH juga melengkapi layanan spesialis penyakit saraf, spesialis paru, spesialis mata, spesialis THT, spesialis kesehatan jiwa, orthopedi, urologi, bedah saraf, hingga bedah mulut dan spesialis jantung & pembuluh darah.

Selain itu, kata dia, untuk melengkapi layanan spesialis di rawat jalan, ada juga spesialis radiologi, spesialis patologi klinik dan patologi anatomi untuk menunjang penegakan diagnosis yang tepat terhadap pasien. Spesialis anesthesia mendukung pelaksanaan operasi di kamar operasi, serta poli rehab medik membantu mempercepat proses penyembuhan pascaoperasi. ”Fasilitas lain yang tidak kalah pentingnya adalah unit Haemodialisa atau cuci darah yang dilengkapi Bank Darah. Tidak ketinggalan poli umum, gigi, dan KIA/KB buka setiap hari di RS Al Huda,” imbuhnya.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan dr Dwi Trisnawati Zainal melalui Didid Pramono mengatakan, kredensial adalah proses rutin yang harus dipenuhi oleh fasilitas kesehatan (faskes) sebelum diputuskan. Apakah faskes tersebut layak dan memenuhi syarat untuk menjalin kerja sama dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi peserta BPJS Kesehatan. ”Dalam hal ini sejak awal program JKN diluncurkan, RSAH sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Yankes Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Kurniyanto menambahkan, Dinkes sebagai Pembina fasilitas kesehatan akan selalu siap untuk sharing. Dinkes juga siap memberikan masukan yang komprehensif dengan harapan dapat mewujudkan pelayanan kesehatan yang optimal. ”Meminimalkan masalah dan kendala yang muncul dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum dan peserta BPJS Kesehatan di RS Al Huda.” jelasnya.

(bw/*/rbs/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia