Rabu, 21 Nov 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Kesehatan

Wah, Yoga Ternyata Bisa Jadi Obati Rematik dan Asam Urat

Rabu, 31 Oct 2018 07:20 | editor : Ali Sodiqin

BINA INSTRUKTUR: Gunawan Sumandeya memberikan pencerahan pelatihan yoga untuk mengatasi penyakit.

BINA INSTRUKTUR: Gunawan Sumandeya memberikan pencerahan pelatihan yoga untuk mengatasi penyakit. (Fachri Zulfikar/RaBa)

GLAGAH – Penyakit rematik dan asam urat menjadi gangguan kesehatan yang mungkin sudah sangat familiar di masyarakat. Penyakit ini boleh jadi banyak dialami oleh ragam usia, mulai tua hingga kalangan muda-mudi saat ini. Banyak orang yang kemudian memilih ragam jalan untuk terhindar dari kedua penyakit itu. Mulai minum obat hingga pergi ke dokter.

Namun, kini rematik dan asam urat bisa diatasi di antaranya dengan metode yoga. Yoga bisa menjadi solusi pengobatan untuk kedua penyakit tersebut. Gerakan yoga dapat membantu tubuh meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan tubuh.

Kondisi tersebut memengaruhi sendi dan otot penderita asam urat dan rematik. Ditambah, meditasi dari latihan yoga dapat mengelola pikiran menjadi lebih tenang dan memungkinkan untuk tidur lebih nyenyak dan merasa lebih bersemangat. Paparan itulah yang disampaikan oleh Gunawan Sumandeya, pakar Yoga asal Surabaya kemarin (29/10).

Memberikan pelatihan yoga dalam tajuk Yogalogy Therapy for Reumatism and Gout di Sanggar Senam Wins Studio Jalan Lijen 28 Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Glagah. Gunawan Sumandeya banyak memberikan pemaparan seputar yoga dan teknik yang benar melakukannya. Kedatangannya kali ini melatih sekitar 25 peserta yang memfokuskan diri yoga untuk penyembuhan asam urat dan rematik.

Yoga sendiri menurut Gunawan merupakan penyatuan jiwa, badan, dan pikiran. Yoga berfokus pada meditasi dan gerakan sehingga menerapi semua bagian dengan disertai pernapasan. Yogalogy Therapy merupakan penyatuan antara yoga dan biologi yaitu yoga dapat mengobati berbagai penyakit. ”Yoga yang baik dan benar dapat mengobati berbagai macam penyakit. Dalam latihan kali ini  latihan mengatur pernapasan untuk penyakit asam urat dan rematik,” katanya.

Kegiatan yang didukung Yayasan Markandeya Yoga Indonesia, Perkumpulan Instruktur Yoga Indonesia (PIYI), 3A Tri Yogalogy, a&r Fashion Store, dan Wins Studio Senam ini berlangsung selama sehari penuh.

(bw/*/als/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia