Kamis, 15 Nov 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Ramai-Ramai Berpuisi di Bulan Bahasa

Senin, 29 Oct 2018 15:10 | editor : Ali Sodiqin

INTIP: Para peserta yang belum tampil mengintip berlangsungnya pelaksanaan lomba debat di SMAN Giri, Sabtu siang (27/10).

INTIP: Para peserta yang belum tampil mengintip berlangsungnya pelaksanaan lomba debat di SMAN Giri, Sabtu siang (27/10). (Ramada Kusuma/RaBa)

BANYUWANGI – Bulan Bahasa dan Sastra, Sabtu siang (27/10) dirayakan dengan berbagai lomba oleh kalangan SMA. Ratusan siswa-siswi SMA sederajat se-Banyuwangi beradu kepiawaian dalam hal sastra di SMAN 1 Giri.

Mulai dari lomba baca puisi, cipta puisi, baca cepat, debat, dan pementasan monolog. Panitia juga melibatkan para pakar dalam penjurian lomba ini, mulai dari kalangan sastrawan hingga praktisi bahasa.

Para peserta tampak antusias. Itu terlihat dari perlengkapan properti lomba yang mereka bawa. Tidak hanya itu, keseriusan juga tampak pada wajah guru pendamping di masing-masing venue lomba.

Bagi para peserta, kegiatan ini merupakan pengalaman pertama kali yang mereka ikuti. Seperti diungkapkan Annisa, 17, peserta debat dari SMAN  Gambiran. Sebelumnya, dia mengaku belum pernah ikut lomba debat. Tidak hanya itu, meski berlatar belakang IPA, namun minatnya pada bidang sastra dan bahasa cukup tinggi. ”Ini pertama kali. Di sekolah, saya jurusan IPA,” jelasnya.

Namun, dalam pelaksanaan debat kemarin dia mengaku beberapa hal yang sudah dipersiapkan akan mengalami sedikit kendala. Salah satunya karena pelaksanaan yang sedikit berbeda dari yang dia perkirakan. ”Tidak sesuai ekspektasi. Teknisnya tidak sesuai dengan ketentuan,” ucapnya.

Sementara itu, menurut Iqbal Baraas, salah satu juri pada lomba cipta puisi, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, penciptaan puisi nyaris sama. Baik dalam hal pemilihan diksi maupun gaya bahasa. Meski demikian, kata Iqbal, minat siswa SMA dalam berpuisi patut didukung.

”Sebenarnya setara dengan tahun-tahun lalu. Tapi semangat dan minat mereka perlu didukung serius,” ujar penyair yang baru mendapat Anugerah Sutasoma ini.

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia