Selasa, 23 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Gandeng Karang Taruna Wiranusa, Poliwangi Wujudkan Kampung Ikan

Rabu, 03 Oct 2018 17:12 | editor : Ali Sodiqin

KONTRIBUSI NYATA: Tim Poliwangi bersama Kepala Dinas Perikanan dan Pangan, Ir. Hary Cahyo Purnomo, Camat Licin M Luthfi  di Dusun Gayam Lor, Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh

KONTRIBUSI NYATA: Tim Poliwangi bersama Kepala Dinas Perikanan dan Pangan, Ir. Hary Cahyo Purnomo, Camat Licin M Luthfi di Dusun Gayam Lor, Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh (Poliwangi For RaBa)

BANYUWANGI – Kawasan pedesaan di Kabupaten Banyuwangi memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai daerah sentra perikanan air tawar yang merupakan sumber pertumbuhan ekonomi rakyat.

Terinspirasi dengan telah berkembangnya “Kampung Ikan” di Kecamatan Gambiran, serta adanya program “10.000 Kolam Ikan” yang dicanangkan oleh Pemkab Banyuwangi, membuat Camat Singojuruh, Mohammad Lutfi, S. Sos. M. Si. menginginkan adanya kawasan percontohan “Kampung Ikan” di Kecamatan Singojuruh.

Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Banyuwangi mendapatkan kepercayaan untuk dapat berkontribusi nyata dalam penyelesaian berbagai permasalahan di masyarakat melalui implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi mengembangkan program pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat yang diwujudkan dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Salah satu lokasi sasaran program hibah program PKM tahun 2018 adalah dusun Gayam Lor, Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertema PKM Karang Taruna Wiranusa Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh dalam Pemanfaatan Sumber Daya Perairan Sebagai Kawasan Kampung Ikan ini diketuai oleh Sari Wiji Utami, S.P., M.M., serta beranggotakan Zulis Erwanto, S.T., M.T. dan Riza Rahimi Bachtiar, S.P., M.P., M.B.A. Kegiatan ini diselenggarakan melalui beberapa kegiatan penyuluhan yang meliputi penyuluhan tentang optimasi dan pemanfaatan sumber daya perairan, budidaya ikan air tawar khususnya ikan nila merah, serta pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

Kegiatan penebaran benih ikan nila secara simbolis dilaksanakan di kawasan dusun Gayam Lor dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan dan Pangan, Ir. Hary Cahyo P., M.Si, Camat Singojuruh, Mohammad Lutfi, S.Sos. M.Si., serta berbagai elemen masyarakat dan karang taruna di kecamatan Singojuruh.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dusun Gayam Lor di desa Gumirih dapat menjadi salah satu sentra penghasil perikanan air tawar melalui pengembangan “Kampung Ikan” dan menjadi lokasi percontohan bagi kawasan lain di kecamatan Singojuruh. Selain itu, kegiatan PKM ini diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan sosial, meningkatkan keterampilan masyarakat untuk berwirausaha dan mengolah produk hasil perikanan yang dibudidayakan, serta meningkatkan kesejahteraan melalui pembentukan Kampung Ikan,” kata Sari Wiji Utami. (*)

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia