Selasa, 23 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

Banyuwangi Bangun Sinergi dengan UI Kembangkan Ekonomi

Rabu, 26 Sep 2018 14:25 | editor : Ali Sodiqin

KENANG-KENANGAN: Rektor UI Muhammad Anis menyematkan pin kepada Bupati Anas di Pendapa Sabha Swagata Blambangan.

KENANG-KENANGAN: Rektor UI Muhammad Anis menyematkan pin kepada Bupati Anas di Pendapa Sabha Swagata Blambangan. (Humas Pemkab Bwi For RaBa)

BANYUWANGI – Kebijakan Pemkab Banyuwangi menjadikan pariwisata sebagai pengungkit perekonomian daerah mendapat apresiasi Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis. Tak hanya mengapresiasi, Anis menyatakan universitas terbaik di tanah air tersebut siap mendukung pengembangan ekonomi kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini.

Rektor Anis beserta jajaran berkunjung ke Banyuwangi sejak Jumat (21/9) hingga Sabtu (22/9). Kedatangan pimpinan kampus terbaik di Indonesia itu difasilitasi Kementerian PAN-RB sebagai upaya memperkuat inovasi daerah dengan dukungan perguruan tinggi.

Anis mengaku senang berkunjung ke Banyuwangi. Kebetulan Bupati Abdullah Azwar Anas merupakan alumnus UI. Bupati Anas memang meraih gelar sarjana dan master dari UI. ”Selain senang, kami juga bangga dengan inovasi-inovasi Banyuwangi dalam menggerakkan ekonomi daerah dan meningkatkan pelayanan publik,” ujarnya.

Prof Anis dan jajarannya juga mengunjungi sejumlah desa di Banyuwangi yang menjalankan program Smart Kampung. Salah satunya di Desa Ketapang yang merupakan salah satu desa dengan pelayanan hingga malam hari. Layanan juga dilakukan secara online, mulai website hingga pesan WhatsApp. ”Di desa tersebut yang muda bisa mengurus secara online dan yang tua didampingi. Bahkan, ada layanan jemput bola bagi warga yang kesulitan mengakses layanan. Desa-desa Smart Kampung di Banyuwangi sudah berkinerja sangat baik,” pujinya.

Anis juga mengapresiasi pengembangan ekonomi Banyuwangi dengan pengungkit dari pariwisata. Menurut dia, daerah memang harus berani menetapkan fokus pengembangannya agar mendapatkan hasil yang optimal.

Hal itu terbukti dari keberhasilan Pemkab Banyuwangi menekan angka kemiskinan secara drastis, yakni dari di atas dua digit menjadi hingga 8,6 persen. Pendapatan per kapita warga juga terkerek menjadi Rp45 juta per orang per tahun. ”Banyuwangi jeli memprioritaskan sektor wisata untuk menggerakkan ekonomi,” imbuhnya.

Dengan berbagai inovasi itu, Anis mengaku bersemangat menggerakkan UI untuk bersinergi dengan Banyuwangi. ”UI akan mendukung daerah yang punya keinginan untuk maju. Akan ada dukungan UI untuk Banyuwangi,” tuturnya.

Bupati Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas kunjungan Rektor UI dan jajaran. ”UI telah menjadi bagian yang menempa saya sejak kuliah sampai saat ini. Dan insya Allah dengan dukungan UI, Banyuwangi bisa terus maju,” pungkasnya.

(bw/sgt/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia