Kamis, 13 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Jembatan Secawan Minggu Depan Dicor

26 September 2018, 09: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

SUDAH TERPASANG: Pekerja melengkapi pemasangan diafragma pada bagian girder jembatan yang telah dipasang pada Minggu malam (23/9).

SUDAH TERPASANG: Pekerja melengkapi pemasangan diafragma pada bagian girder jembatan yang telah dipasang pada Minggu malam (23/9). (SHULHAN HADI/RABA)

KABAT – Perbaikan jembatan Secawan, Kabat, hampir rampung. Bagian penyangga jembatan bagian tengah sejak Minggu malam sudah terpasang. Jika sesuai rencana, tidak sampai seminggu lagi proses pengecoran akan berlangsung.

M. Nor, koordinator proyek menyebutkan, pekerjaan saat ini terkendala lalu lalang kendaraan berukuran besar. Dia menyebutkan, beberapa malam lalu ada truk jumbo pengangkut peralatan tambang yang melintas.

Dia memperkirakan lebar truk tersebut sekitar 3,20 meter. Padahal, lebar sisi jembatan disiapkan untuk kendaraan lebar 3 meter. Sehingga truk tersebut melintas dengan satu roda menggantung. ”Jembatan itu kita bikin 3,10 meter. Lha, roda kendaraannya sampai 3,20. Ini gimana?,” ucapnya.

Saat itu, dia mengaku sudah melayangkan protes. Namun, hal itu tampaknya tidak ditanggapi secara serius. ”Kita sudah sampaikan, tapi tampaknya gimana itu,” keluhnya.

Akibat seringnya kendaraan besar melintas, beberapa besi cor patah. Hal ini karena para pekerja terpaksa membengkokkan besi ke arah dalam jembatan. Padahal, besi tersebut tidak terlalu elastis. ”Besi itu kalau nggak dipanasi, nggak bisa dikembalikan lagi. Jadi banyak yang patah,” ucapnya.

Nor mengungkapkan, untungnya besi tersebut tidak terhubung dengan girder, melainkan rangka untuk beton alas. ”Tidak hanya itu, bagian pembatas jembatan juga mengalami lecet dan tergores,” pungkasnya.

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia