Kamis, 13 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Relawan Stikes Abdikan Diri di Lokasi Gempa Lombok

24 September 2018, 14: 25: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

PENGABDIAN MASYARAKAT: Tim relawan Stikes bersama PMI Banyuwangi saat berada di tengah-tengah warga terdampak gempa Lombok, NTB.

PENGABDIAN MASYARAKAT: Tim relawan Stikes bersama PMI Banyuwangi saat berada di tengah-tengah warga terdampak gempa Lombok, NTB. ((Stikes BWI For RaBa))

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi kirimkan tiga relawan ke lokasi gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka adalah Achmad Efendi, S.Kep.,Ns, Rudiyanto, S.Kep.,Ns selaku dosen keperawatan yang memiliki keahlian dibidang kegawat daruratan, dan satu lainnya adalah Muhammad Astoha, mahasiswa keperawatan semester enam. Ketiganya tergabung dalam relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi bersama lima orang lainnya. Mereka semua akan mengabdikan diri selama 10 hari, pada 02 – 13 September.

Dr. H. Soekardjo, selaku Ketua Stikes Banyuwangi mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Stikes terhadap korban gempa Lombok yang telah menyebabkan banyak kerusakan infrastruktur dan bangunan, serta menelan puluhan korban jiwa. “Selain itu, ini merupakan wujud kami dalam melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ucap Soekardjo.

Bentuk pengabdian yang akan dilakukan oleh tim relawan tersebut tidak hanya berfokus pada pelayanan kesehatan saja, melainkan juga membantu dalam segi materi dan finansial. Dalam kesempatan ini, Stikes Banyuwangi berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp 4 jutaan dan baju layak pakai untuk didonasikan kepada korban bencana.

Koordinator relawan dari Stikes Banyuwangi, Achmad Efendi S.Kep., Ns mengatakan bahwa selama di lokasi bencana, tim relawan PMI Banyuwangi dipisah untuk bergabung dengan relawan lain dari berbagai daerah. “Kami satu tim dipisah, karena dampak gempa terjadi dibeberapa wilayah. Sehingga, saya dan Pak Rudi satu tim di Lombok  Timur dan Mas Astoha di Lombok Utara. Tim relawan juga melakukan play education kepada anak-anak kecil korban bencana,“ kata Efendi

Sementara itu, dr. Sriyanti koordinator relawan PMI Banyuwangi mengapresiasi keterlibatan tiga relawan dari Stikes. Dirinya mengaku senang, ketiga relawan Stikes selalu konsisten apapun pekerjaannya selama di Lombok dilakukan dengan tanggung jawab. “Saya senang bisa bekerjasama dengan mereka, karena semuanya bekerja dengan profesional dan semangat membantu korban bencana di Lombok. Saya berharap, akan terus terjalin kerjasama yang baik antara Stikes dengan PMI, baik kelembagaan ataupun tim relawannya,” tuturnya. (*/als)

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia